Pilihan Cara Mempromosikan Produk Ke Media Sosial
Berjualan online adalah model jualan yang telah menjadi pilihan utama sebagian besar orang, baik sebagai bagian dari usaha sampingan maupun usaha utamanya. Keuntungan memasarkan melalui jalur dunia maya, produk menjadi cepat dikenal secara luas yang itu menjanjikan peningkatan omset penjualan. Itu mungkin yang tersirat dari bayangan maupun dari selintingan informasi yang mereka terima, sehingga banyak orang lari memasarkan atau mencoba jualan di dunia maya. Tak urung tidak sedikit yang berakhir dengan kegagalan.
Kali ini Aha Sarang Komputer akan berbagi tips bagaimana memanfaatkan media sosial untuk memasarkan produk yang kita jual. Banyak orang berpikir cukup dengan memposting jualan di akun media sosialnya, itu sudah cukup. Disini yang harus diingat adalah pengguna yang lain yang mungkin teman, sahabat dan kenalan Anda di media sosial, tentunya sama seperti kita dalam melihat media sosial. Hal yang umum setiap pribadi menggunakan media sosial untuk berbagi pengalaman, apa yang dirasakannya pada saat itu kemudian dituangkan ke dalam update statusnya, untuk menarik perhatian pembacanya. Jadi ini adalah essensi seperti kenapa orang suka selfie?
Setelah kita tahu, suasana umum di semua aktivitas di media sosial, maka jangan kaget ketika kita mempromosikan sebuah produk, mungkin hanya 1% yang tertarik, 20% hanya membaca sepintas namun tidak tertarik, sisanya mereka lebih peduli pada apa yang dipikirkan mereka sendiri. Lain halnya jika adalah publik figure yang mampu menjadi influencer, yang mampu menyedot perhatian lini masa di media sosial. Bahkan sekarang sedang lagi trending sekolah di Influencer Marketing. Namun dengan kondisi seperti ini, bagi kita yang bukan sebagai influencer, bukan berarti sulit untuk memasarkan produk di media sosial.
Sebelum ke pembahasan tips untuk sukses berjualan di Internet, ada berbagai cara yang dapat Anda gunakan secara gratis yang memanfaatkan media sosial:
- Facebook
- Memasarkan melalui update status
- Masuk ke grup Facebook yang sesuai dengan kriteria barang jualan Anda. di Facebook sudah dibuatkan "Grup Jual Beli", Facebook telah menghimpun semua grup jual Beli yang dapat Anda ikuti. Grup jual beli ini layoutnya ada di jajaran kolom baris paling kanan halaman web Facebook.
- Membuat FanPage Facebook
Sebagian besar orang sudah tahu cara membuat "fanpage Facebook", Jika belum tahu cara membuat fanpage Facebook dapat Anda baca di artikel kami di sini. Setelah dibuat, Anda dapat mengundang teman Anda secara masal ke fanpage Anda. Setelah itu Anda dapat memposting barang jualan Anda.
- Anda pun dapat memposting jualan anda di "Marketplace" Facebook. Letaknya sama pada fitur grup jual beli, yaitu di kolom baris kanan layout Facebook.
- Instagram
- Memposting di update status
- Memasarkan Menggunakan Insta Story
- Membuat akun bisnis IG, kemudian memposting barang jualan.
Cara membuat akun bisnis IG dapat Anda baca di sini.
- Twitter, Linkedin Googel plus dan Line, dengan memposting di update status.
Itu yang bisa dilakukan secara terus menerus dan kontinyu, sangat melelahkan memang namun pasti ada hasil. Nah! di sini akan dibahas cara yang paling jitu dalam memasarkan produk, agar dapat memperoleh omset yang significant. Sebelum memulai membahas ini, yang harus digaris bawahi adalah "Tidak ada makan siang yang gratis", artinya jika ingin mendapatkan ikan besar, Anda harus memberi umpan dengan ikan besar. Dan satu segi lagi, setiap lapak ada pemiliknya, ini sama seperti Anda berjualan di pasar, Anda harus sewa toko bayar retribusi dan lain sebagainya. Begitu dengan berjualan di dunia maya, jika Anda memasarkan di penelusuran Google, pemiliknya Google. Jika Anda memasarkan di Facebook pemiliknya Facebook, begitu seterusnya. Namun perbedaanya Jika Anda membuka akses iklan kepada pemilik lapak di dunia maya ( Internet ), berbeda dengan di Pasar dunia nyata. Di dunia maya ANda memasang iklan ke Google, Facebook dan lain - lain, maka Google, Facebook dan lain - lain bekerja untuk kita, mesin mereka yang bekerja memasarkan produk kita, jadi jauh lebih efektif dan mempercepat hasil yang bisa kita raih.
Sebelum beriklan di Media sosial, ada beberapa yang harus disiapkan secara matang;
- Buatlah website tentang produk Anda. Aha Sarang Komputer dapat membantu membuatkan website atau Anda dapat mengunakan jasa pembuatan website yang lainnya yang Anda percaya.
Website ini nanti menjadi satu pintu dari arus masuk hasil pemasaran di semua media sosial. Jadi fungsi website, selain orang melihat produk Anda dikelola secara profesional, juga sebagai menarik pengunjung hasil dari pemasaran secara massive oleh provider Google, Facebook dan lain - lain.
- Semua kontak yang dipublikasikan harus selalu on time dan realtime. Dan Anda dapat menggunakan ini dari website Anda secara auto direct reply setiap respon dari calon konsumen Anda.
- Ketersediaan Produk dan pengiriman, dua hal yang harus dapat Anda perhitungkan.
Langkah berikutnya adalah mulai memasang iklan di semua media sosial, dalam hal ini tentukan biaya yang Anda siapkan untuk di masing - masing media sosial. Setiap Provider memiliki ketentuan tarif minimal. Kami sarankan untuk permulaan, Anda memasangkan iklan dengan tarif minimal IDR 6000, maksimal IDR 10000 perhari, tidak perlu jor - joran. Jadi jika ada 5 media sosial yang akan dipasangkan iklan maka anggaran yang disapkan sekitar IDR 30000 sampai dengan IDR 50000 perhari. cukup murah namun efektif. Jika Anda butuh bantuan cara memasangkan iklan, baik pemilihan keyword, desain dan slogan yang efektif, Aha Sarang Komputer siap membantu dengan jasa yang cukup murah. Namun jika sekaligus dibuatkan website e commerse maka 3 bulan sudah otomatis terpasang iklan di semua sosial media.
Anda pun dapat melakukannya sendiri, caranya untuk beriklan:
- Google, klik ini.
- Facebook dan Instagram, klik ini.
- LINE, klik ini
- Twitter, klik ini
- Linkedin, klik ini
Demikian tuorial singkat cara Mempromosikan Produk Ke Media Sosial.
Semoga bermanfaat.
Artikel Terkait: