Sebetulnya berapa orang sih yang melihat update status di Facebook?
Facebook tidak pernah memberikan penjelasan bagaimana, update status terkoneksi dengan pengguna yang lain yang terhubung dalam pertemanan facebook. Sehingga kita tidak pernah tahu dari sekian jumlah teman yang ada, siapa saja yang secara otomatis bisa melihat status kita atau mungkin semua teman bisa secara melihat teman kita.
Setelah kami melakukan pengujian, ternyata hanya 25 orang saja yang bisa melihat update status seberapapun jumlah pertemanan dan followernya. Jadi sebanyak apa pun jumlah teman, yang melihat update status tidak lebih dari sebesar itu. Itu adalah cara Facebook membangun bisnis, dari sisi bisnis ini sah - sah saja. Walaupun bagaimana facebook telah menyediakan media untuk bisa saling terhubung.
Yang kami heran adalah salah satu postingan yang kecewa setelah mengetahui sekian banyak temannya, yang melihat update statusnya cuma segelintir orang. Padahal yang harus disadari, kita tidak dipungut biaya untuk membuat akun, membuat update status, kirim pesan inbox dan lain - lainnya. Setelah mendapatkan fasilitas lebih berharap lebih lagi?
Kita lihat dari sisi facebook membuat pengaturan robot, dengan masuk dalam keanggotaan, kemudian menggunakan semua fitur yang disediakan facebook, yang semua dibuat gratis. Facebook tentu ingin menjaga perusahaannya tetap memberikan cashflow untuk menghidupi facebook dan semua officialsnya.
Maka tentu dibalik semua gratis, facebook membuat pengaturan yang dapat menguntungkan perusahaannya. Jadi dengan jumlah teman yang melihat update status hanya sedikit dari sekian banyak teman, itu adalah bagian dari pengaturan yang dibuat facebook. Hal yang sama juga terjadi di instagram.
Bagaimana caranya agar jumlah pembaca update status bisa lebih banyak lagi yang melihat update status?
Caranya Anda harus pasang iklan, dalam arti Anda mengajukan pemasangan iklan untuk semua update status ke Facebook, apalagi Anda membuat FanPage sebagai media memperkenalkan produk Anda.
Dalam tarif iklan pun facebook tidak secara terbuka merinci orang yang melihat update status. Facebook hanya menawarkan jika Anda mengeluarkan biaya misalkan Rp. 500 ribu dalam satu bulan, jumlah yang akan melihat atau akan menjangkau sekitar 1000 user. User itu pun hanya sebatas teman Anda, tidak disebar ke semua teman yang bukan teman dalam arti dalam tidak dilakukan penyebaran secara acak
Berapa kisaran biaya agar iklan bisa disebar secara acak, yaitu Anda dapat mengeluarkan budget ratusan juta. Dan ini pernah terjadi, ada pengguna menghabiskan biaya sekitar Rp 500 juta, jumlah yang fantastik, tapi hasilnya juga sangat fantastik, mendapat milyaran rupiah dari penjualannya.
Yang tidak kalah penting dalam memasang iklan tidak hanya besaran tarif, tapi juga adalah segementasi pasar. Anda dapat membuat pengaturan di area mana saja yang akan Anda settings untuk iklan Anda. Area ini menyangkut potensi pasar. Karena ini masalah potensi pasar, maka Anda harus mengenal produk Anda yang akan banyak disenangi oleh siapa.
Selain potensi pasar dalam pengaturan lokasi, sebelum melakukan pengaturan lokasi, yang juga harus dikenal adalah negara atau wilayah mana saja yang senang warganya berbelanja online.
Hal lain jika Anda tidak ingin pasang iklan tapi bisa lebih banyak lagi yang melihat update status Anda, Anda harus memaksimalkan robot Facebook, caranya.
- bangun komunikasi dengan orang yang tidak dikenal yang statusnya sudah terdaftar sebagai teman Anda, melalui komunikasi via inbox.
- memberikan komentar pada setiap update status yang muncul di wall facebook Anda.
Demikian informasi tentang siapa saja yang melihat update status Facebook.
Semoga bermanfaat.