• Google
  • Blogger
  • WhatsApp
  • Design Contest
  • Facebook
  • Twitter
  • Instagram
  • Linkedin
  • Line
  • Payoneer
  • Privacy
  • Monday, 27 September 2021

    Bagaimana cara meminta perusahaan untuk menghapus data pribadi Anda - Studi kasus di AS

    Bagaimana cara meminta perusahaan untuk menghapus data pribadi Anda - Studi kasus di AS

    Perusahaan menimbun data pribadi tentang Anda. Inilah cara membuat mereka menghapusnya







    Kasus terjadi AS, pada bulan Februari, Whitney Merrill, seorang pengacara privasi yang tinggal di San Francisco, meminta perusahaan obrolan audio Clubhouse untuk mengungkapkan berapa banyak orang yang telah membagikan nama dan nomor teleponnya dengan perusahaan sebagai bagian dari fitur berbagi kontak, dengan harapannya, bahwa data tersebut untuk dihapus.









    Saat dia menunggu kabar dari perusahaan, dia men-tweet tentang prosesnya dan juga menghubungi beberapa karyawan Clubhouse untuk meminta bantuan.


    Hanya setelah itu, dan beberapa minggu setelah batas waktu 45 hari Undang-Undang Privasi Konsumen California bagi perusahaan untuk menanggapi permintaan penghapusan data, Clubhouse menanggapi dan memenuhi permintaannya untuk menghapus informasinya, kata Merrill.


    “Mereka akhirnya memperbaikinya setelah banyak tekanan karena saya cukup beruntung bisa men-tweet tentang itu,” katanya.


    Undang-Undang Privasi Konsumen California (CCPA) yang terkenal, yang mulai berlaku pada tahun 2020, memberikan hak kepada penduduk negara bagian untuk meminta perusahaan untuk tidak menjual data mereka, memberikan salinan data tersebut, atau menghapus data tersebut. Virginia dan Colorado juga telah mengesahkan undang-undang privasi konsumen, yang mulai berlaku pada tahun 2023.


    Karena semakin banyak negara bagian yang mengadopsi undang-undang privasi — Massachusetts, New York, Minnesota, North Carolina, Ohio, dan Pennsylvania mungkin berikutnya, lebih banyak dari kita akan mendapatkan hak untuk meminta agar data kita dihapus. Beberapa perusahaan — termasuk Spotify, Uber, dan Twitter, memberi tahu kami bahwa mereka telah memenuhi permintaan dari orang-orang di luar California terkait penghapusan data.


    Namun bukan berarti selalu berjalan mulus. Data sangat berharga bagi perusahaan, dan beberapa tidak membuatnya mudah untuk dihapus, kata pendukung privasi. Formulir permintaan penghapusan data sering disimpan, prosesnya rumit, dan hambatan untuk memverifikasi identitas Anda memperlambat segalanya. Terkadang data pribadi terikat dalam persyaratan hukum yang membingungkan, sehingga perusahaan tidak dapat membuangnya. Di lain waktu, beban teknis dan personel dari permintaan data terlalu berat untuk ditangani oleh perusahaan.


    Menjalankan hak CCPA bisa menjadi perjuangan yang berat, Consumer Reports menemukan di penelitian tahun 2020 yang melibatkan lebih dari 400 konsumen California yang mengajukan permintaan “jangan jual data pribadi” ke pialang data terdaftar. Enam puluh dua persen dari waktu, peserta tidak tahu bagaimana cara mengirimkan permintaan atau tidak tahu apakah itu berhasil.


    Itu bukan pertanda baik untuk penghapusan data, Maureen Mahoney, seorang analis Consumer Reports, mengatakan. Orang harus memverifikasi identitas mereka sebelum perusahaan dapat menghapus data, yang menimbulkan hambatan ekstra.







    Tapi itu tidak berarti itu sia-sia. Banyak permintaan penghapusan data yang berhasil, menurut metrik perusahaan, dan segalanya menjadi lebih mudah jika Anda tahu di mana mencarinya. Sebagian besar perusahaan melakukan yang terbaik untuk mencari tahu bagaimana menangani undang-undang privasi tambal sulam dan masuknya permintaan hak data, kata Merrill.


    “Kami telah tumbuh jauh lebih cepat tahun ini daripada yang pernah kami bayangkan, dan sejak musim semi telah membangun tim untuk menangani skala baru komunitas pengguna kami dengan lebih baik,” kata juru bicara Clubhouse Reema Bahnasy, seraya menambahkan bahwa waktu respons CCPA rata-rata perusahaan saat ini adalah 10 hari.


    Jangan jual data saya! Kami akhirnya memiliki hukum untuk itu



    Data apa yang sebenarnya dapat Anda minta untuk dihapus ?



    Saat kami mengatakan "data Anda", yang kami maksud adalah informasi seperti nama, nomor telepon, email, dan alamat rumah Anda. Beberapa perusahaan mengumpulkan jauh lebih banyak, seperti usia, jenis kelamin, minat, lokasi waktu nyata, teman, dan perilaku Anda di aplikasi dan situs — dan kesimpulan tentang Anda berdasarkan hal-hal tersebut.


    Semua pembagian data ini mungkin terasa tidak berbahaya, tetapi ini menciptakan masalah ketika sebuah perusahaan diretas dan informasi Anda jatuh ke tangan yang salah, atau ketika perusahaan menggunakannya untuk memengaruhi pengeluaran Anda dan keputusan lain tanpa persetujuan Anda, kata pendukung privasi.


    Di bawah CCPA, bisnis seharusnya menyediakan setidaknya satu cara bagi konsumen untuk menghubungi dan meminta penghapusan data — yang mungkin berupa nomor telepon, formulir online, alamat email, atau formulir kertas. Perusahaan besar yang melayani lebih dari 10 juta konsumen California dalam setahun juga harus mengungkapkan dalam kebijakan privasi mereka berapa banyak permintaan untuk menghapus yang mereka terima selama tahun kalender sebelumnya dan berapa banyak yang mereka hormati.


    Kami memeriksa situs web dan kebijakan privasi dari 11 aplikasi populer untuk melihat betapa mudahnya mengirimkan permintaan penghapusan data, dan apakah perusahaan mengungkapkan jumlah permintaan yang mereka terima. Dari 11, hanya satu, Yelp, tidak memiliki cara yang jelas untuk mengajukan permintaan, dan perusahaan segera memperbaiki masalah setelah kami menunjukkannya.







    Ketika sampai pada pengungkapan penghapusan data, segalanya menjadi lebih rumit. Perusahaan di balik enam dari 11 aplikasi, termasuk Southwest Airlines dan Twitter, tidak membagikan berapa banyak permintaan yang mereka terima dan hormati. Twitter mengatakan pihaknya berencana untuk menambahkan informasi tersebut.


    "Informasi ini akan dimasukkan dalam pembaruan di masa mendatang dan akan memberikan jumlah permintaan yang kami terima secara global karena ini adalah alat yang kami sediakan untuk setiap orang yang menggunakan layanan kami," kata juru bicara Twitter Katie Rosborough.

    Jika 11 aplikasi kami merupakan indikasi, perusahaan melakukan pekerjaan dengan baik dengan menyediakan formulir atau alamat email tempat Anda dapat meminta penghapusan data. Menemukan formulir dan alamat tersebut tidak sepenuhnya intuitif, tetapi prosesnya cenderung terlihat serupa di seluruh situs web.


    Pertama, buka situs web perusahaan dan gulir ke bawah ke bagian paling bawah beranda. Mungkin akan ada tautan yang mengatakan sesuatu seperti “privasi”, “kebijakan privasi”, “CCPA”, atau “hak privasi California Anda”.


    Klik tautannya, dan Anda akan menemukan diri Anda di halaman yang didedikasikan untuk privasi atau CCPA. (Halaman CCPA sering muncul untuk semua pengunjung situs, karena membangun situs web yang berbeda untuk orang yang berbeda akan membutuhkan banyak pekerjaan ekstra untuk perusahaan.)


    Gulir hingga Anda menemukan referensi untuk penghapusan data, atau gunakan CTRL+F untuk mencari kata "hapus". Perusahaan mungkin akan mencantumkan alamat email untuk perlindungan data, privasi, atau departemen hukum — atau memberikan formulir yang dapat Anda isi secara online.


    Jika formulir tidak secara khusus mereferensikan penghapusan data, tidak apa-apa. Sertakan "permintaan penghapusan data" di tempat yang menonjol, seperti baris subjek, jika ada, dan beri tahu perusahaan bahwa Anda senang memverifikasi identitas Anda. Hayley Tsukayama, seorang aktivis legislatif di kelompok advokasi hak digital Electronic Frontier Foundation, juga menyarankan untuk merujuk hak CCPA Anda dalam permintaan tersebut.







    CCPA memberi perusahaan waktu 45 hari kalender untuk menanggapi permintaan penghapusan awal Anda. Perusahaan mungkin akan meminta Anda untuk mengirimkan informasi tambahan atau mengatur janji temu untuk memverifikasi identitas Anda — sehingga tidak ada yang bisa berpura-pura menjadi Anda dan mencuri atau menghapus data Anda. Untuk memverifikasi, Anda mungkin perlu mengonfirmasi nama pengguna dan kata sandi akun Anda, memberikan sepotong data seperti nomor telepon Anda untuk diperiksa silang oleh perusahaan, atau, jarang, menunjukkan tanda pengenal resmi Anda. Anda seharusnya tidak pernah diminta untuk membuat akun agar data Anda dihapus, menurut CCPA.


    Mengajukan permintaan penghapusan data tidak mudah, kata Merrill, jadi pastikan untuk menjaga nada bicara Anda tetap ramah dan tanggapi persyaratan verifikasi secepat mungkin.


    Pikirkan Anda anonim online? Sepertiga dari situs web populer adalah 'sidik jari' Anda.


    Bagaimana jika saya tidak tinggal di California ?



    Hanya penduduk California yang berhak atas penghapusan data berdasarkan CCPA. (Mengapa perusahaan memiliki hak atas data Anda dan Anda tidak pada hal lain. Dan ini dan yang lainnya).


    Tetapi beberapa perusahaan mengatakan mereka akan menghormati permintaan penghapusan di mana pun Anda tinggal. Spotify, Uber, dan Twitter mengatakan mereka memperlakukan permintaan penghapusan dari lokasi geografis mana pun dengan sama. Netflix, Microsoft, Starbucks, dan UPS juga mengatakan mereka akan memperpanjang hak CCPA untuk semua orang Amerika.


    Extending CCPA rights to all consumers is one way companies can practice “privacy by design,” Merrill said, adding that the security industry has set a good example by taking steps to protect consumers beyond what’s immediately necessary or legally required.


    Memperluas hak CCPA untuk semua konsumen adalah salah satu cara perusahaan dapat mempraktikkan "privasi berdasarkan desain," kata Merrill, menambahkan bahwa industri keamanan telah memberikan contoh yang baik dengan mengambil langkah-langkah untuk melindungi konsumen di luar apa yang segera diperlukan atau diwajibkan secara hukum.



    Apakah mengirimkan permintaan berarti data saya akan dihapus ?



    Tidak. Permintaan penghapusan tunduk pada beberapa pengecualian luas. Beberapa perusahaan — seperti layanan keuangan — harus berpegang pada data tertentu untuk kepatuhan dan pelaporan hukum. CCPA juga memungkinkan perusahaan untuk menyimpan data Anda jika mereka menggunakannya untuk keamanan, debugging, atau perlindungan penipuan, atau "untuk memungkinkan penggunaan internal semata-mata yang sesuai dengan harapan konsumen berdasarkan hubungan konsumen dengan bisnis." Bahasa yang licin mudah dieksploitasi, kata Mahoney dari Consumer Reports.







    Terkadang, perbedaan antara data yang memenuhi syarat untuk dihapus dan data yang tidak menjadi kabur. Eddie Lo, seorang pekerja teknologi di San Francisco, merasa frustrasi dan bingung, katanya, ketika hanya beberapa hari setelah melalui proses verifikasi identitas dengan aplikasi layanan keuangan Ellevest dan meminta perusahaan menghapus datanya, dia menerima apa yang tampak baginya menjadi email pemasaran yang memintanya untuk memperbarui datanya di file dengan perusahaan.


    Ternyata, mengirim email kepada orang-orang yang meminta datanya dihapus bisa menjadi hak dan tanggung jawab Ellevest sebagai perusahaan jasa keuangan.


    Direktur Pengalaman Klien Ellevest Patricia Selwood mengatakan bahwa email yang diterima Lo adalah "transaksional", bukan pemasaran, dan bahwa perusahaan bertindak sesuai dengan hukum.


    Lo mengatakan seluruh proses terasa seperti latihan yang sia-sia.


    Selain itu, CCPA tidak mewajibkan perusahaan untuk menghapus data pribadi yang telah dikumpulkan atau "di-deidentifikasi". Itu berarti jika mereka menggabungkan data Anda dengan data dari orang lain dengan cara yang mengaburkan data mana yang berasal dari siapa, mereka diizinkan untuk menyimpannya.


    Tetapi menurut Tsukayama dari EFF, data pribadi yang tidak teridentifikasi adalah sebuah oxymoron. Dia menunjuk pada penelitian, seperti ini dari para peneliti di Eropa – yang telah menemukan cara untuk mengidentifikasi kembali persentase besar individu dalam kumpulan data yang dianonimkan.


    Beberapa perusahaan yang sangat teduh menggunakan teknik desain yang disebut "pola gelap" untuk mencegah pelanggan mengakses dan menghapus data mereka, kata Tsukayama. Anda mungkin akrab dengan pola gelap dari pop-up di situs belanja yang mencoba mempersenjatai Anda untuk memberikan alamat email Anda, dengan opsi seperti, "Ya, saya ingin email," atau "Tidak, saya ingin tetap mengabaikan penjualan dan promosi penting.”


    Perusahaan lain mengabaikan permintaan, menyembunyikan formulir, atau memerlukan bukti identitas yang tidak masuk akal, satu perusahaan dalam studi penyisihan data Consumer Reports meminta peserta untuk menyerahkan pernyataan tertulis yang diaktakan, kata Mahoney.







    Jika menurut Anda sebuah perusahaan melalaikan tanggung jawab CCPA-nya, Anda dapat melaporkannya ke jaksa agung California di sini. Menandai perusahaan di media sosial adalah cara lain yang baik untuk menarik perhatian pada masalah, kata Mary Stone Ross, yang membantu penulis CCPA saat menjabat sebagai presiden kelompok advokasi California untuk Privasi Konsumen.


    "Saya semua untuk mempermalukan publik," katanya. “Twitter adalah tempat yang tepat untuk memanggil perusahaan-perusahaan ini.”


    Tidak ada jalan keluar dari Facebook, bahkan jika Anda tidak menggunakannya



    Tidak bisakah seseorang melakukan ini untukku ?



    Sebenarnya ya. CCPA mengizinkan agen resmi untuk mengajukan permintaan atas nama Anda — mereka hanya perlu membuktikan bahwa mereka memiliki izin Anda. Consumer Reports sedang mengerjakan alat yang dapat mengirimkan penolakan massal "jangan jual" atas nama penduduk California, kata Mahoney dan Yael Grauer, seorang reporter di publikasi tersebut. Jika Anda memiliki pemahaman teknis, alat sumber terbuka Bot Privasi dapat mengirim permintaan penghapusan data massal dari alamat email Anda.


    Beberapa browser dan ekstensi — termasuk Brave dan Duck Duck Go — menyertakan sinyal yang disebut Kontrol Privasi Global, yang mengirimkan preferensi "jangan jual" Anda langsung ke situs web yang Anda kunjungi. Perusahaan lamban untuk menghormati sinyal tersebut, kata Mahoney dan Grauer, tetapi kantor jaksa agung California menjelaskan dalam FAQ CCPA bahwa bisnis harus memperlakukan Kontrol Privasi Global sebagai permintaan penyisihan yang valid. Konon, banyak perusahaan masih memilih untuk mengabaikannya, menurut Stone Ross.



    Tunggu — ini semua tampaknya tidak efisien



    Oh, Begitu.


    Perusahaan yang Anda gunakan — dan bahkan yang belum pernah Anda dengar — menyedot data Anda sepanjang hari, kata pendukung privasi. Tidak mungkin mengirim permintaan penghapusan ke setiap perusahaan yang pernah mendapatkan nomor telepon Anda, misalnya, karena tidak ada cara untuk mengetahui siapa yang memilikinya.







    Pendekatan yang lebih efektif, kata pengacara privasi Merrill, mungkin berfokus pada memilih keluar dari penjualan data Anda. Anda dapat melakukannya dengan mengirimkan permintaan "jangan jual", biasanya di tempat yang sama dengan saat Anda mengajukan permintaan penghapusan, atau melalui tautan "jangan jual data pribadi saya" di situs web perusahaan. Ini adalah perbedaan antara menangani pengumpulan data di masa sekarang dan mengelolanya untuk masa depan, katanya, menggambarkan skenario hipotetis di mana sebuah perusahaan menghapus data Anda hanya untuk membeli semuanya lagi dari pihak ketiga.


    Perusahaan tidak berkewajiban untuk memenuhi permintaan ini dari orang-orang di luar California, tetapi banyak yang melakukannya, kata Grauer dari Consumer Reports. Jangan berbohong tentang di mana Anda tinggal, sarannya, tetapi silakan kosongkan bidangnya dan lihat apa yang terjadi.


    Pada akhirnya, pendekatan Anda terhadap penghapusan data akan bergantung pada kekhawatiran Anda, kata Grauer, apakah itu pencurian identitas, konten yang ditargetkan, penguntitan, pelanggaran keamanan, atau masalah lain yang menyertai berbagi data yang merajalela..


    Perlindungan yang lebih ketat bagi konsumen akan membuat semua ini tidak terlalu rumit, kata Mahoney dan Grauer. Tetapi pembuat kebijakan harus turun tangan.


    “Saya pikir ini adalah hari-hari awal, dan saya berharap proses meningkat dari waktu ke waktu dan akan ada lebih banyak solusi yang dikembangkan untuk memudahkan konsumen menggunakan hak mereka untuk menghapus,” kata Mahoney.


    It’s the middle of the night. Do you know who your iPhone is talking to?



    Introducing the Help Desk: Making tech work for you



    Help Desk is a new destination built for readers looking to better understand and take control of the technology used in everyday life. Meet the Help Desk team.


    The latest: Workers are putting on pants to return to the office only to be on Zoom all day.







    Data and Privacy: A guide to every privacy setting you should change now. We have gone through the settings for the most popular (and problematic) services to give you recommendations. Google | Amazon | Facebook | Venmo


    Ask a question: Send the Help Desk your personal technology questions.


    Read our answers: The Help Desk responded to a few technical dilemmas, like “Is my smart device listening to me?”



    Jutaan pengguna Android akan diblokir dari Google Maps, YouTube, dan Gmail hari ini

    Jutaan pengguna Android akan diblokir dari Google Maps, YouTube, dan Gmail hari ini

    Jutaan pengguna Android akan diblokir dari Google Maps, YouTube, dan Gmail hari ini






    Keputusan GOOGLE untuk memblokir aplikasinya di smartphone dan tablet yang sangat tua telah menimbulkan kemarahan, kebingungan, dan kesedihan.



    Google telah mengeluarkan peringatan kepada jutaan pengguna Android yang menghadapi pemblokiran dari aplikasi Google mereka hari ini.









    Jutaan ponsel Android akan diblokir untuk mengakses Google Maps, YouTube, dan Gmail hari ini (27 September 2021) menyusul pembaruan besar perangkat.


    Perangkat yang tidak dapat ditingkatkan ke versi yang lebih baru akan dikunci dari layanan Google untuk selamanya.


    Siapa pun yang menggunakan Android versi 2.3 tidak akan dapat masuk ke akun Google mereka. Android versi ini adalah Android Gingerbread, Android Cupcake, Android Froyo hingga Eclair.


    Pengguna Android untuk jenis tersebut tidak akan dapat menambahkan Google Kalender atau Gmail ke akun ke menu setelan perangkat mereka.


    Aplikasi Google lainnya juga akan berhenti berfungsi termasuk YouTube, Google PlayStore, Google Maps, Gmail, dan lainnya.


    Pengguna perlu memperbarui ponsel mereka ke Android 3.0 atau mulai Honeycomb ke atas masih bisa terus dapat mengakses aplikasi.



    Mengapa Google membuat keputusan ini ?



    Google secara teratur menghentikan dukungan untuk versi lama perangkat lunak Android karena yang baru terus dirilis.










    Versi terbaru Android saat ini adalah Android 11, membuat perangkat lunak 2,3 mil di belakang.


    Versi sistem operasi yang lebih lama lebih rentan terhadap bug dan peretas.


    Google telah mengatakan akan menarik dukungannya “sebagai bagian dari upaya berkelanjutan kami untuk menjaga keamanan pengguna kami.”



    Bagaimana cara memperbarui perangkat Android saya ?



    Anda dapat memperbarui perangkat Anda dengan membuka Sistem > Lanjutan > Pembaruan Sistem.


    Jika Anda tidak dapat meningkatkan ke versi yang lebih baru, Anda dapat mengatasi masalah tersebut dengan masuk ke layanan Google melalui browser internet Anda.


    Smartphone yang menggunakan Android 2.3 termasuk Sony Xperia Advance, Lenovo K800, Sony Xperia Go, Vodafone Smart II, Samsung Galaxy S2, Sony Xperia P, LG Spectrum, Sony Xperia S, LG Prada 3.0, HTC Velocity, HTC Evo 4G, Motorola Fire, dan Motorola XT532.


    Jalan lain mungkin dengan di Root dengan syarat menambah kapasitas memory internal dengan system charging menggunakan memory external.





    Artikel Terkait





    Google Play Telah Menghapus Aplikasi Selfie Dan kecantikan
    Google Meet Fix Menghilangkan Suara Latart
    Perubahan Google Adsense Selama Pandemi Virus Corona
    Cara Menggunakan Google Meet
    Konferensi Video Google Meet Sekarang Gratis Untuk Siapa Saja
    Google Hangouts Meet - Zoom Gallery
    Google Classroom Menjadi Andalan Para Guru...
    Jangan Simpan Data Penting Pribadi Google
    iklan Otomatis Google Adsense Terbaru
    SEO Sudah Tidak Lagi Efektif Di Index Pencarian Google
    Chrome Android Update - Menambahkan Dark Mode
    Konferensi Google Webmasters Mendatang Di Zuric
    Seperti Apa Kebijakan Baru AdMob
    Perubahan Kebijakan Google Adsense
    Data Aman Tersimpan Di Google Docs Atau Di Laci Anda
    Cara Proteksi Play Store, Chrome, Google dan Youtube Untuk Anak
    Tampilan Baru Chrome 73.0.3538.90
    Setelan Download Chrome 70.0.3538.80 Hemat Pulsa Hemat Memori Penyimpanan

    Saturday, 25 September 2021

    iPhone 13 Pro, Pro Max review dan Harga

    iPhone 13 Pro, Pro Max review dan Harga

    iPhone 13 Pro, Pro Max review dan Harga






    Selama dekade pertama keberadaannya, iPhone terkenal mengikuti siklus rilis tik-tok, yang berarti setiap perbaikan desain / fitur utama iPhone (tik) akan diikuti oleh tahun peningkatan berulang (tok) dengan sebagian besar peningkatan yang halus. Apple biasanya menandai tahun-tahun 'tok' dengan hanya menambahkan S ke lini iPhone tahun sebelumnya. Misalnya, setelah iPhone 4 tahun 2010 memperkenalkan desain baru yang menakjubkan, rilis 2011 adalah iPhone 4S, yang tampak persis sama.










    Untuk alasan apa pun, Apple telah meninggalkan pola tik-tok dan merek S dalam beberapa tahun terakhir, alih-alih melompat dari iPhone 11 ke 12, lalu 12 ke 13. iPhone baru tahun ini—seri 13—tampak sangat mirip dengan tahun lalu. iPhone 12 yang banyak rekan industri dan penggemar bercanda bahwa ponsel ini hanya iPhone 12S.


    Layar iPhone baru lebih terang dari pendahulunya. Masa pakai baterai lebih lama. Dan Apple telah meningkatkan kamera yang sudah hebat dengan sensor baru dan fitur fotografi komputasional yang membuat Anda merasa seperti seorang profesional (bahkan pada ponsel non-Pro).


    Ya, A15 Bionic yang memberi daya pada iPhone 13 sekali lagi merupakan chip tercepat di negeri ini. Tapi ini lebih tentang apa yang chip ini memungkinkan Anda lakukan. Ini termasuk mode Sinematik, yang menambahkan kedalaman bidang ke video Anda saat mengalihkan fokus secara otomatis, dan Gaya Fotografi untuk mengubah tampilan foto Anda




    Apa yang baru ?



    IPhone 13 Pro dan Pro Max (bersama dengan dua iPhone 13 non-Pro) keduanya sangat mirip dengan jenis iPhone pendahulunya dari tahun lalu. Jadi bagi Anda yang pernah memegang atau melihat dari dekat iPhone 12 Pro atau iPhone 12 Pro Max, maka Anda tahu bagaimana tampilan dan nuansa iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max.


    iPhone 13 Pro. BEN SIN


    Tetapi ada perbedaan fisik jika Anda melihat lebih keras. Ini termasuk lekukan yang sedikit lebih kecil (potongan yang tidak sedap dipandang yang mengganggu layar yang indah); modul kamera yang lebih besar, dan dimensi lebih tebal. Perubahan pertama (penyusutan takik) dangkal, Anda secara teknis mendapatkan lebih banyak layar, tetapi area tambahan tidak menampilkan lebih banyak informasi. Perubahan kedua dan ketiga, bagaimanapun, membawa perbaikan besar.


    Modul kamera yang lebih besar itu diperlukan karena Apple meningkatkan ukuran sensor ketiga kamera tersebut. Ini adalah trik yang telah dilakukan oleh merek Android seperti Huawei dan Samsung selama bertahun-tahun—sensor gambar yang lebih besar memungkinkan lebih banyak asupan cahaya.










    Bentuk yang lebih tebal adalah karena Apple menempatkan baterai yang lebih besar di dalam ponsel ini. Dalam mode khas Apple, perusahaan tidak menentukan ukuran baterai yang tepat, tetapi iPhone 13 Pro Max adalah raja daya tahan, mampu menangani 14 jam sehari yang berat bagi saya, dan masih menyelesaikan hari itu dengan sekitar 30% baterai tersisa . IPhone 13 Pro yang lebih kecil tidak akan bertahan lama, tetapi akan tetap nyaman digunakan seharian penuh untuk semua skenario penggunaan kecuali yang terberat. Ini adalah lompatan besar, karena seri iPhone 12 tahun lalu memiliki daya tahan baterai di bawah standar. Hanya model Pro Max terbesar yang dapat bertahan selama 12, 13 jam sehari untuk saya.


    Bahwa Apple berhasil meningkatkan masa pakai baterai sebanyak ini sangat mengesankan, karena meskipun ukuran baterai semakin besar, layarnya juga lebih haus daya, iPhone 13 Pro dan 13 Pro Max tahun ini keduanya ditingkatkan ke kecepatan refresh 120Hz, yang berarti layar dapat di-zip sekitar dengan fluiditas animasi dua kali lipat dari iPhone sebelumnya.


    Saya kira efisiensi baterai juga dapat dikaitkan dengan chip baru yang lebih cerdas dan lebih kuat di dalam iPhone baru ini: A15 Bionic. Silikon Apple sendiri berjalan lebih baik di iPhone daripada chip seluler lainnya yang berjalan di perangkat seluler lainnya. Faktanya, bahkan A14 Bionic tahun lalu masih mengungguli chip terbaik mutlak di Android saat ini, Snapdragon 888+.



    Apa yang sama ?



    Hanya tentang segala sesuatu yang lain. Ponsel iPhone 13 akan menjalankan iOS 15 di luar kotak, tetapi pada saat artikel ini ditayangkan, iOS 15 akan tersedia untuk ponsel iPhone 12 melalui pembaruan over-the-air. Bahasa desain keseluruhan dan bahan yang digunakan identik: kaca depan dan belakang, dibungkus oleh bingkai baja tahan karat. Pro Max memiliki layar 6,8 inci, sedangkan 13 Pro standar memiliki panel 6,1 inci. Kedua layar berteknologi OLED dan tampak hebat.


    Bingkai baja tahan karat iPhone 13 Pro
    BEN SIN


    13 Pro Max masih sedikit terlalu besar untuk digunakan dengan nyaman bagi kebanyakan orang. Namun pada saat yang sama, layar yang lebih besar terlihat begitu imersif, pengalaman mengetik yang begitu superior (layar yang lebih besar berarti keyboard yang lebih lega) sehingga pengguna bertenaga seperti saya akan mengorbankan sedikit kenyamanan tangan untuk menggunakan Pro Max.



    Perangkat lunak



    iOS 15 tidak banyak berubah secara visual dari iOS 14 selain Safari (browser web Apple) memindahkan bilah alamat ke bagian bawah layar. Jika tidak, sebagian besar tambahan baru untuk iOS 15 adalah fitur perangkat lunak yang bertujuan untuk meningkatkan privasi bagi pengguna, dan saya memuji Apple untuk fitur ini.






    Misalnya, iOS 15 akan memunculkan peringatan kepada pengguna kapan pun mereka menggunakan aplikasi untuk pertama kalinya, memberi tahu pengguna bahwa aplikasi akan mencoba melacak aktivitas mereka (untuk tujuan iklan). Peringatan di layar menawarkan opsi kepada pengguna untuk mematikan pelacakan.


    Bukan kemampuan untuk mematikan pelacakan yang istimewa di sini—Anda juga dapat melakukannya di versi Android dari aplikasi yang sama—tetapi Apple menghadirkan opsi itu di depan dan di tengah untuk dilihat pengguna (di Android, Anda mungkin harus menggali ke pengaturan untuk mematikan pelacakan).



    Kamera



    Kamera di iPhone 13 Pro Max dan Pro sama persis. Jadi demi kesederhanaan, saya hanya akan merujuk ke salah satu model sebagai iPhone 13 Pro di bagian ini. Sebelumnya saya katakan Apple meningkatkan sensor kamera untuk iPhone 13 Pro, yang membantu kamera mengambil lebih banyak cahaya. Peningkatan ini paling terlihat saat mengambil foto malam hari. Sebelumnya, pada iPhone 11s dan 12s, ponsel akan menggunakan "mode malam", (trik perangkat lunak eksposur lama) untuk menghasilkan lebih banyak cahaya ke pemandangan segera setelah kondisi menjadi sedikit redup. Tahun ini, iPhone 13 Pro tidak harus menggunakan mode malam kecuali sangat gelap. Ini sangat ideal karena seberguna mode malam, pada akhirnya mengharuskan ponsel tetap diam selama beberapa detik — tidak ideal jika mencoba mengambil foto benda bergerak.


    l

    Harga iPhone 13



    • iPhone 13 128 GB
      1.299 dolar Singapura (Rp. 13,8 juta)

    • iPhone 13 256 GB
      1.469 dolar Singapura (Rp 15,6 juta)

    • iPhone 13 512 GB
      1.799 dolar Singapura (Rp Rp 19,1 juta)



    Harga iPhone 13 Mini



    • iPhone 13 Mini 128 GB
      1.149 dolar Singapura (Rp 12,2 juta)

    • iPhone 13 Mini 256 GB
      1.319 dolar Singapura (Rp 14 juta)

    • iPhone 13 Mini 512 GB
      1.649 dolar Singapura (Rp 17,5 juta)



    Harga iPhone 13 Pro



    • iPhone 13 Pro 128 GB
      1.649 dolar Singapura (Rp 17,5 juta)

    • iPhone 13 Pro 256 GB
      1.819 dolar Singapura (Rp 19,3 juta)

    • iPhone 13 Pro 512 GB
      2.149 dolar Singapura (Rp 22,8 juta)

    • iPhone 13 Pro 1 TB
      2.479 dolar Singapura (Rp 26,3 juta)








    Harga iPhone 13 Pro Max



    • iPhone 13 Pro Max 128 GB 1.799 dolar Singapura (Rp 19,1 juta)

    • iPhone 13 Pro Max 256 GB
      1.969 dolar Singapura (Rp 20,9 juta)

    • iPhone 13 Pro Max 512 GB
      2.299 dolar Singapura (Rp 24,4 juta)

    • iPhone 13 Pro Max 1 TB
      2.629 dolar Singapura (Rp 27,9 juta)







    Artikel Terkait ;







    Update iOS 15 - Haruskah Perangkat Anda diperbarui juga ?
    Pengguna iPhone memperingatkan tentang WhatsApp backup saat berpindah ponsel
    Facebook Android dan iOS akan hadir Dark Mode
    Pengguna iPhone memperingatkan tentang WhatsApp backup saat berpindah ponsel
    iPhone 12 Mini Launching OktobeiPhone 12 Mini Launching Oktober 2020
    Tampilan iOS 14 Sebagian Mengadopsi Android
    Kelebihan iPhone SE




    Sunday, 19 September 2021

    Samsung Galaxy Z Flip 3 Kelebihan dan kekurangan

    Update iOS 15 - Haruskah Perangkat Anda diperbarui juga ?

    Update iOS 15 - Haruskah Perangkat Anda diperbarui juga ?






    Samsung Galaxy Z Flip 3, ponsel lipat foldable menawarkan kerapatan piksel tinggi. Dengan menghadirkan resolusi tinggi yang membuat tampilan sangat jernih & cerah, Ini memberi Anda bagian depan, kaca belakang (Gorilla Glass 6), bingkai aluminium, Ini termasuk Nano-SIM, eSIM, itu menyajikan rasio layar terhadap tubuh yang sangat baik, Menawarkan Samsung Pay (Visa, bersertifikat MasterCard), Ini memiliki sudut pandang yang lebih baik & konsumsi daya yang lebih rendah. Tampilan yang lebih baik namun tidak jauh berbeda dari pendahulunya, Galaxy Z Flip 2. Dari segi harga, sangat mahal. Tanpa fitur yang memuaskan, hanya menarik karena tata letaknya yang inovatif. Bagi banyak orang, ponsel ini mungkin tidak sepadan dengan uang mereka.











    Samsung Galaxy Z Flip menawarkan memori internal tinggi 256GB RAM 8GB yang sangat berguna dalam kinerja multitasking, Ini mencakup banyak RAM & memori besar, Ini memberi Anda UFS 3.0, Menawarkan aplikasi & kinerja game yang layak, Ini menyajikan yang sangat baik & perangkat lunak terkini.


    Samsung Galaxy Z Flip memiliki kamera utama yang luar biasa yaitu Dual, Memiliki 12 MP, f/1.8, 27mm (lebar), 1/2.55″, 1.4µm, Dual Pixel PDAF, OIS, Memiliki 12 MP, f/2.2, 12mm (ultrawide), 1,12µm, menghadirkan fitur seperti LED flash, HDR, panorama, Ini memberi Anda flash yang memungkinkan Anda mengambil foto luar biasa dalam kondisi cahaya rendah dan dapat mengambil foto indah dengan kualitas tinggi.


    Samsung Galaxy Z Flip memiliki perekaman video 4K, Memiliki video 2160p@30/60fps, 1080p@60/240fps, 720p@960fps, HDR10+, Dilengkapi dengan kamera selfie Single, Memiliki 10 MP, f/2.4, 26mm (lebar), 1,22µm, PDAF, Ini mencakup fitur seperti HDR, Ini berisi video 2160p@30fps, Dapat mengambil gambar luar biasa tanpa kehilangan detail apa pun, gambar, video & teks terlihat sangat tajam & jernih, dan itu memberi Anda selfie yang luar biasa.




    Samsung Galaxy Z Flip 3 Review



    Highlight



    1. Muncul dengan layar 6.7 Foldable Dynamic AMOLED 2X yang memberikan pengalaman menonton yang lebih baik.


    2. Hadir dengan antarmuka Android 11 dan One UI 3.5, ponsel ini menawarkan pengoperasian yang lancar.


    3. Dipasangkan dengan unit grafis Qualcomm Snapdragon 888 dan Adreno 660, perangkat ini benar-benar merupakan pembelian yang pasti untuk para gamer.


    4. Ada kamera ganda 12MP di bagian belakang dan kamera selfie 10MP di bagian depan


    5. Kapasitas baterai 3300mAh pasti akan mengecewakan saat Anda melakukan tugas yang lebih berat di ponsel Anda.



    Desain dan Display



    Anda pasti akan tertipu oleh penampilan Anda begitu Anda mengangkat telepon. Tidak seperti pendahulunya, tetapi tata letak seperti itu selalu menjadi daya tarik bagi kami karena tidak banyak ponsel seperti ini. Anda akan terkejut dengan warna yang ditawarkan ponsel ini. Ada 7 warna sesuai dengan informasi perusahaan. Jika Anda tidak suka Phantom Black atau Green, ada Lavender, Cream, White, Pink, dan Grey. dengan begitu banyak varian warna, itu harus menjadi karya yang menarik. Hanya kamera ganda yang dipasang di bagian belakang. Dibangun dengan bingkai aluminium, sensor sidik jari ditempatkan di sidebar.










    Layar utama menunjukkan layar 6,7 inci Foldable Dynamic AMOLED 2X dengan kecepatan refresh 120Hz. Jika Anda memikirkan tampilan yang jernih, Anda berada di jalur yang benar. Ini menampilkan resolusi 1080p sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang gambar apa pun yang bekerja di ponsel Anda di siang hari, itu tidak mengganggu Anda karena kecerahan layar 1200 nits. Selain itu, layarnya disertifikasi dengan HDR10+. Apa yang membuat ponsel ini lebih menarik adalah penutup layar Super AMOLED 1,9 inci


    Saat dilipat, menjadi nyaman untuk membawanya di saku Anda. Saat Anda melipat ponsel, itu menjadi kamera GoPro kecil. Meski dimensi dan bobotnya mirip dengan pendahulunya, namun smartphone Samsung Galaxy Z Flip3 terasa lebih mudah digenggam, bobot ponsel ini hanya 183g. Karena fitur tahan air, Anda tidak perlu khawatir ponsel Anda basah. Tata letak inversi juga sangat fleksibel dan inovatif.




    Memory Internal



    Saat Anda memikirkan game, perusahaan telah mengabulkan keinginan Anda. Kecuali untuk fitur bawaan, tidak ada spesifikasi yang begitu mengagumkan pada model ini. Mirip dengan Galaxy Z Fold 3, perangkat ini juga hadir dengan semua fitur serupa. Di mana itu berjalan di OS Android 11, ada antarmuka OneUI 3.5 khusus yang memungkinkan Anda melakukan operasi yang lancar. Selain itu, smartphone Galaxy Z Flip 3 menawarkan pembaruan untuk Android 12. Seperti ponsel Samsung lainnya, Anda dapat mengharapkan pembaruan keamanan selama 4 tahun. Ada banyak fitur yang bisa kamu terapkan karena kombinasi Android 11 dan custom interface.


    Berkat mereknya, model ini hadir dengan chipset Qualcomm Snapdragon 5nm. Apa yang tidak Anda dapatkan di ponsel pendahulu Anda, Anda akan dapatkan di ponsel galaxy z Flip3 dengan prosesor yang diperbarui. Ponsel ini terlihat sangat bertenaga ketika Anda melihat bahwa prosesor Octa-core menangani kecepatan clock maksimum 1x 2.84GHz. Selanjutnya, kehadiran unit grafis Adreno 660 meningkatkan kualitas gambar visual. Untuk pengalaman langsung, model ini adalah pembangkit tenaga listrik dari fitur bawaan.


    Soal penyimpanan, Galaxy Z Flip 3 hadir dalam dua varian berbeda. Model dasar didukung oleh RAM 8GB dan penyimpanan 128GB, sedangkan model superior menawarkan RAM 8GB dengan kombinasi penyimpanan 256GB. Sebelum membeli, pastikan kebutuhan Anda, karena Anda tidak dapat memperluas penyimpanan setelah memiliki varian apa pun karena tidak ada slot kartu microSD.



    Camera



    Karena tidak ada fitur yang signifikan di bagian kamera dan baterai. Setiap fitur ditambahkan dari pendahulunya. Kamera utama 12 MP lama yang sama yang cukup rata-rata pada label harga yang sangat mahal ini tidak diharapkan dengan anggaran sebesar itu. Kamera kedua memiliki sensor ultrawide 12 MP. Dengan perangkat lunak pengolah, Anda dapat memiliki kualitas gambar yang baik. Karena kehadiran OIS, Anda mungkin merasa puas, tetapi tanpa gyro-EIS, ponsel Galaxy Z Flip 3 terlihat ketinggalan zaman. Meskipun Anda dapat merekam video 4k, tidak ada fitur stabilisasi.







    Untuk kualitas gambar, Anda tidak akan puas dengan fotografi malam hari. Sampai Anda memiliki beberapa lampu, Anda dibebaskan dari kinerja yang baik. Peningkatan kamera mengalami penurunan dibandingkan dengan peningkatan perangkat lunak atau perangkat keras.


    Ada kamera selfie 10 MP yang tidak sepadan dengan uang Anda. Sulit untuk memahami mengapa perusahaan membebankan biaya tinggi untuk fitur-fitur ini. Warna memudar, tidak ada kejelasan yang digambarkan dengan benar, sepertinya Anda menggunakan smartphone beranggaran rendah dalam hal fotografi. Bahkan iPhone 12 Pro lebih baik dalam mengambil foto selfie dengan kualitas gambar yang lebih tajam. Merek memiliki lebih banyak yang harus dilakukan untuk meningkatkan bagian kameranya. Namun, Anda dapat merekam video 4k yang tidak akan terlalu mengecewakan.



    Spesifikasi Detail



    Di bawah ini Anda dapat melihat spesifikasi lengkap dari smartphone Samsung Galaxy Z Flip 3:






    Specifications Samsung Galaxy Z Flip 3
    Network 2G, 3G, 4G, 5G
    Announced August 2021
    SIM Nano-SIM and eSIM
    Dimensions Unfolded: 166 x 72.2 x 6.9 mm
    Folded: 86.4 x 72.2 x 15.9 mm
    Weight 183g
    Size Unfolded: 6.7 inches
    Foldable: 1.9 inches
    Display Unfolded
    Dynamic AMOLED 2X
    120Hz
    HDR10+
    1200 nits brightness
    ~426 PPI density
    Foldable
    Super AMOLED
    Protection IPX8 water-resistant (up to 1.5m for 30 mins)
    Resolution Unfolded: 1080 x 2640 pixels
    Foldable: 260 x 512 pixels
    OS Android 11, One UI 3.5
    Chipset 5nm – Qualcomm SM8350 Snapdragon 888 5G
    CPU Octa-core
    1×2.84 GHz Kryo 680
    3×2.42 GHz Kryo 680
    4×1.80 GHz Kryo 680
    GPU Adreno 660
    Card slot No
    RAM 8GB
    Internal 128 GB, 256 GB
    UFS 3.1
    Camera 12 MP (wide), Dual Pixel PDAF, OIS
    12 MP (123˚ ultrawide)
    LED flash, panorama, HDR10+
    Max – [email protected]/60fps
    Selfie 10MP (wide)
    HDR
    Max – [email protected]
    Loudspeaker Yes
    stereo speakers
    3.5mm jack No
    32-bit/384kHz audio
    Tuned by AKG
    WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, dual-band, Wi-Fi Direct, hotspot
    Bluetooth 5.1, A2DP, LE
    GPS Yes, with A-GPS, GLONASS, GALILEO, BDS
    NFC Yes
    Infrared port No
    Radio No
    USB USB Type-C 3.1, USB On-The-Go
    Sensors side-mounted fingerprint, accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer, Samsung Pay
    Battery Li-Po 3300 mAh
    Fast charging 25W
    Fast wireless charging 11W
    Reverse wireless charging 4.5W
    Colors Phantom Black, Green, Lavender, Cream, White, Pink, Gray
    Expected Price Kira - kira $999 (Rp 15 juta).


    Disclaimer: Kami tidak dapat menjamin bahwa data yang tersedia di halaman ini 100% benar.




    Update iOS 15 - Haruskah Perangkat Anda diperbarui juga ?

    Update iOS 15 - Haruskah Perangkat Anda diperbarui juga ?

    Update iOS 15 - Haruskah Perangkat Anda diperbarui juga ?







    Sejak hari senin Apple telah merilis update untuk iPhone versi iOS 15 dan iPadOS 15 ke tengah masyarakat umum. Setelah tiga bulan melihat pratinjau sistem operasi Apple yang akan datang untuk iPhone dan iPad, inilah apakah Anda harus memperbarui atau tidak.











    Apa yang baru dengan iOS 15 dan iPadOS 15 ?



    Setelah sukses merilis iOS 14 dan iPadOS 14 berkat penambahan widgetnya, ada banyak antisipasi untuk iOS 15 tahun ini, namun tantangan dalam pengembangan diperparah oleh pandemi COVID-19 yang berkelanjutan.


    iOS 15 dan iPadOS 15 fokus pada dunia pandemi sambil mempersiapkan orang-orang di seluruh dunia untuk kembali ke rutinitas mereka. Dengan pembaruan ini, pengguna akan mendapatkan mode Fokus baru, aplikasi Safari, Cuaca, dan FaceTime yang didesain ulang, dan banyak lagi. Pengguna iPhone 11 atau yang lebih baru bahkan akan memiliki kemampuan untuk melacak ponsel mereka bahkan ketika dimatikan.


    Untuk pemilik iPadOS 15, ada tweak baru untuk multi-tasking yang memudahkan untuk mengakses fitur Split View dan Slide Over, serta App Library baru dan kemampuan untuk menambahkan widget ke layar Utama.


    iPadOS 15 akhirnya menerima pembaruan yang dibawa Apple ke iPhone dengan iOS 14, layar Beranda baru dan lebih dapat disesuaikan. Sekarang dimungkinkan untuk menambahkan widget di mana saja di layar Utama Anda, menghapus aplikasi dan hanya menampilkannya di Perpustakaan Aplikasi, dan juga menyesuaikan apa yang ditampilkan tergantung pada mode Fokus yang Anda buat.


    Untuk iPadOS 15, Apple juga mempermudah penggunaan fungsi Split Screen dan Slide over. Sekarang, setiap kali Anda membuka aplikasi, Anda akan melihat tiga titik di bagian atas layar tempat Anda dapat memilih apakah Anda ingin lebih banyak aplikasi berjalan secara bersamaan atau tidak.


    Fitur multi-tugas baru di iPadOS 15 menjadi sangat berguna bagi saya. Ingat bagaimana Apple membunuh 3D Touch karena tidak ada yang tahu cara menggunakannya ? Split View dan Slide Over juga tidak selalu intuitif.v Dengan indikator tiga titik ini, pengguna sekarang akan tahu bahwa mereka dapat dengan mudah membuka dan membagi layar dengan aplikasi lain.


    FOUSE MODE di iOS 15 dan iPados 15 adalah salah satu perbaikan terbesar yang diinginkan Apple, karena Anda dapat memilih apa yang ingin Anda fokuskan pada Berhasil tentang apa yang Anda lakukan saat ini, seperti bekerja, tidur, memiliki waktu pribadi, bermain game, atau bermain-main. Saat ini, saya menggunakan enam mode fokus yang berbeda, termasuk "Jangan mengganggu," "Personal," Bekerja, "Bekerja", "Tidur," Besar, "dan" jalan, "ketika saya tidak ingin diinterupsi sementara jauh dari rumah. Dengan beta atas beta, fungsi fokus di iOS 15 sedang belajar dengan kebiasaan saya dan sudah berputar pada satu mode fokus setelah yang lain. Itu bagus.








    FaceTime, Safari, Cuaca, dan Apple Map memiliki tampilan baru






    Aplikasi yang familier juga memiliki tampilan baru. FaceTime terlihat lebih persegi tetapi menambahkan mode Potret baru untuk mengaburkan latar belakang Anda dalam panggilan. Ada juga fungsi Isolasi Suara baru, tampilan kisi yang lebih baik dengan Grup FaceTime, dan orang-orang dapat bergabung dengan percakapan Anda dari web atau Android dengan tautan FaceTime, yang cukup rapi.


    Penting untuk memperhatikan seberapa baik mode mikrofon baru ini: jika Anda menggunakan AirPods, memilih mode isolasi suara merupakan terobosan karena Anda dapat mencuci piring atau berada dekat dengan seseorang yang berbicara dengan keras, tetapi orang di seberang panggilan tidak akan mendengar apa pun selain dari suaramu. Implementasi fitur ini oleh Apple cukup mengesankan.


    Aplikasi Cuaca memiliki ikon baru dan semuanya terlihat lebih realistis dengan latar belakang animasi baru. Ada juga notifikasi curah hujan jam berikutnya sehingga Anda bisa mendapatkan notifikasi saat hujan, salju, hujan es, atau hujan es akan mulai atau berhenti. Tim Apple telah melakukan banyak upaya ke dalam aplikasi dan itu terlihat bagus.


    Anda akan melihat dengan iOS 15 dan iPadOS 15 bahwa beberapa aplikasi memiliki bagian "Dibagikan Dengan Anda" khusus, termasuk Musik, Podcast, Safari, TV, iMessage, dan Foto. Dengan itu, ketika sesuatu dibagikan dengan Anda di Pesan, Anda akan mendapatkan pengingat di aplikasi ini untuk membaca, menonton, dan mendengarkan apa yang dikirimkan kepada Anda.


    Jika Anda mengklik nama orang tersebut, iOS 15 akan mengarahkan Anda ke percakapan di iMessage sehingga Anda dapat membalas dengan pemikiran Anda. Bagus, kan ? Dan tidak peduli berapa lama Anda menonton/membaca/mendengarkan sesuatu yang dikirimkan seseorang kepada Anda, Anda akan diarahkan tepat ke saat orang tersebut mengirimi Anda tautan.










    Juga baru untuk iMessage, ada kustomisasi Memoji baru dengan pakaian, lebih banyak warna, dan kustomisasi aksesibilitas termasuk implan koklea, tabung oksigen, dan helm lembut. Meskipun cukup minimal, saya suka memperbarui Memoji saya sesekali dan selalu menantikan penyesuaian baru.


    Juga, ketika Anda mengirim banyak foto di iMessage dengan iOS 15 dan iPadOS 15, mereka terlihat lebih kompak dengan kolase, Anda dapat menggesek dan mengetuk untuk melihat semuanya sebagai kisi atau menambahkan Tapback cepat. Akhirnya, Apple memperbaikinya.



    Live Teks dan Siri



    Live Text adalah pembaruan lain yang cukup besar untuk iOS 15 dan iPadOS 15. Saat membuka gambar atau kamera, Anda dapat menemukan teks dan melakukan panggilan, mengirim email, atau mencari petunjuk arah hanya dengan mengetuk teks yang disorot di foto .


    Ini sangat intuitif untuk digunakan dan juga sangat membantu karena semuanya sekarang dapat diklik. Misalnya, jika Anda melihat tanda di jalan, cukup buka aplikasi Kamera dan klik teks untuk menyalinnya.


    Dengan terjemahan Teks Langsung, pengguna juga dapat menyalin teks gambar dan menerjemahkannya ke dalam bahasa Inggris, Cina, Prancis, Italia, Jerman, Portugis, dan Spanyol.





    Siri juga menjadi sedikit lebih pintar dan lebih berguna karena menambahkan pengenalan suara di perangkat sehingga semuanya diproses di iPhone dan iPad Anda. Dengan itu, Siri akhirnya bisa melakukan banyak tugas tanpa koneksi internet. Tidak ada lagi yang meminta Siri untuk membuka aplikasi dan asisten pribadi yang menjawabnya tidak dapat membuka aplikasi Musik karena Anda tidak memiliki koneksi internet sekarang.



    iOS 15 and iPadOS 15: a sea of postponed features



    Seperti yang Anda baca di atas, ada banyak hal yang membuat Anda bersemangat tentang iOS 15 dan iPadOS 15, tetapi ada banyak fitur lain yang datang ke sistem operasi ini dan akan diluncurkan pada akhir tahun ini – atau bahkan tahun depan.


    Apple membuat masalah besar tentang SharePlay di keynote WWDC 2021. Fitur ini memungkinkan pengguna berbagi lagu, video, atau bahkan layar perangkat dengan orang lain melalui FaceTime. Itu tersedia dalam beta awal iOS 15, tetapi Apple akhirnya menghapusnya dan mengatakan itu akan ditambahkan kembali nanti. Filipe Espósito dari 9to5Mac dan saya dapat mencobanya sebentar dan ketika berhasil, itu sangat menyenangkan.


    Dukungan untuk kartu ID di Wallet, yang memungkinkan pengguna AS memindai ID mereka ke aplikasi Wallet, juga tidak diluncurkan dengan iOS 15. Namun, Apple telah mengungkapkan negara bagian AS mana yang akan menjadi yang pertama mengadopsi fitur baru saat diluncurkan.


    Laporan Privasi Aplikasi, navigasi 3D terperinci di CarPlay, dan Kontak Lama adalah fitur yang akan memakan waktu lebih lama untuk mendarat di iOS 15 dan iPadOS 15 juga.



    Di mana Kontrol Universal?



    Apple membuat kesepakatan yang cukup besar tentang Universal Control, yang akan memungkinkan pengguna menggunakan keyboard dan mouse Mac dengan mulus dengan iPad terdekat dan sebaliknya, tidak pernah terlihat dalam versi beta di iPadOS 15 dan macOS Monterey.








    Begini cara Apple menggambarkan fitur ini:



    Satu keyboard dan mouse atau trackpad sekarang bekerja dengan mulus antara Mac dan iPad Anda, keduanya bahkan akan terhubung ke lebih dari satu perangkat yang sama. Pindahkan kursor dari Mac, langsung ke iPad, ketik di Mac, dan kursor akan muncul di iPad.


    Sayangnya, Kontrol Universal akan memakan waktu lebih lama karena macOS Monterey juga tidak akan diluncurkan dengan iOS 15 dan iPadOS 15. Jika Apple mengikuti pola tahun lalu, harapkan Monterey dalam beberapa bulan ke depan.



    iOS 15: layak upgrade atau tidak?



    iOS 15 bukanlah peraturan yang lengkap dari sistem operasi iPhone, namun ini membawa beberapa fitur praktis dan kualitas perbaikan kehidupan. Bagi saya, kemampuan untuk mengatur mode fokus yang berbeda dan melacak iPhone saya bahkan saat dimatikan adalah kesepakatan yang cukup besar.


    Tapi jika Anda tidak ingin melompat sampai ke IOS 15, Apple juga mengumumkan bahwa hal itu akan terus mendukung iOS 14 sehingga pengguna tidak akan kehilangan keamanan dan perbaikan bug, bahkan jika mereka memutuskan untuk tidak menginstal sistem operasi Apple terbaru.


    Ini juga perlu dicatat bahwa Apple meluncurkan ICloud + dengan iOS 15: tanpa membayar lebih, Anda bisa mendapatkan qualloud swasta relay, sembunyikan email Anda, dan kamera video aman yang aman.



    iPados 15: layak upgrade atau tidak?



    iPados 15 akhirnya membawa layar awal yang didesain ulang dengan widget, namun setelah Apple mengumumkan M1 iPad Pro, banyak orang memiliki harapan lebih tinggi untuk pembaruan perangkat lunak tahun ini.


    Sementara Anda dapat dengan mudah menggunakan layar split dan meluncur di atas, dan ada jalan pintas keyboard baru, Apple tidak memberikan iPados perpanjangan lengkap yang beberapa pengguna harapkan.





    Aplikasi App seperti Final Cut Pro dan Xcode tidak dapat ditemukan, dan satu-satunya hal yang akan diberikan kepada Apple, adalah versi lain dari Swift Playgrounds dimana mereka dapat membuat aplikasi dan mengirimkannya ke Apple untuk mempublikasikan di App Store.


    Dengan semua kekuatan dan fitur Fitur M4 IPAD Pro telah, Apple tampaknya menahan diri untuk langkah besar berikutnya. mungkin tahun depan.



    Tanggal rilis dan kompatibilitas perangkat Apple akan merilis iOS 15 dan iPadOS 15 pada 20 September.



    Berikut daftar lengkap setiap model iPhone dan iPod touch yang didukung oleh iOS 15:


    • iPhone 6s dan 6s Plus
    • iPhone SE (generasi ke-1)
    • iPhone 7 dan 7 Plus
    • iPhone 8 dan 8 Plus
    • iPhone X
    • iPhone XR
    • iPhone XS dan XS Max
    • iPhone 11
    • iPhone 11 Pro dan 11 Pro Max
    • iPhone 12 mini dan iPhone 12
    • iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max
    • iPhone SE (generasi ke-2)
    • iPod touch (generasi ke-7)


    Berikut daftar lengkap setiap iPad yang didukung oleh iPadOS 15:


    • iPad Pro 12.9 (generasi ke-5);
    • iPad Pro 11 (generasi ke-3);
    • iPad Pro 12.9 (generasi ke-4);
    • iPad Pro 12.9 (4th gen);
    • iPad Pro 11 (2nd gen);
    • iPad Pro 12.9 (3rd gen);
    • iPad Pro 11 (1st gen);
    • iPad Pro 12.9 (2nd gen);
    • iPad Pro 10.5 (2nd gen);
    • iPad Pro 12.9 (1st gen);
    • iPad Pro 9.7 (1st gen);
    • iPad Air (4th gen);
    • iPad Air (3rd gen);
    • iPad Air (2nd gen);
    • iPad Mini (5th gen);
    • iPad Mini (4th gen);
    • iPad (8th gen);
    • iPad (7th gen);
    • iPad (6th gen);
    • iPad (5th gen)






    Artikel Terkait ;







    Pengguna iPhone memperingatkan tentang WhatsApp backup saat berpindah ponsel
    Facebook Android dan iOS akan hadir Dark Mode
    Pengguna iPhone memperingatkan tentang WhatsApp backup saat berpindah ponsel
    iPhone 12 Mini Launching Oktober 2020
    Tampilan iOS 14 Sebagian Mengadopsi Android
    Kelebihan iPhone SE