• Google
  • Blogger
  • WhatsApp
  • Design Contest
  • Facebook
  • Twitter
  • Instagram
  • Linkedin
  • Line
  • Payoneer
  • Privacy
  • Monday, 16 April 2018

    Cara Membuat Strategi Marketing Jitu Di Instagram

    Cara Membuat Strategi Marketing Jitu Di Instagram


    Seperti janji kemarin, pada postingan sebelumnya, bahwa akan dibahas tentang "cara membuat strategi marketing jitu di Instagram". Nah! Hari ini kita akan kupas tentang materi itu. Seperti kita ketahui, semakin ke sini, popularitas sosial media instagram terus makin meningkat, dimana penggunanya sangat beraneka ragam, dari multi usia, multi profesi sampai multi interest. Dan dari semuanya itu, kita dapat bagi ke dalam tiga kategori bagian pada kedudukan penggunanya, yang pertama golongan, yaitu pesohor, kedua pengidolanya dan penghubung diantara keduanya yang memerankan media sosial ini bisa tetap bertahan, yakni para advertiser.




    Dari tiga golongan ini, memberikan gambaran untuk meletakkan sebuah strategi yang tepat menjual sebuah produk, khususnya bagi Anda yang akan mencoba membuat account Instagram sebagai media untuk menjual produk Anda. Tidak sedikit mereka yang tumbang diperjalanannya lalu menghentikannya, ini karena banyak faktor yang jadi penyebabnya.


    Salah satu yang jadi penyebabnya adalah karena sulitnya untuk menjual ataupun meningkatkan penjualannya. Ini secara umum disebabkan oleh karena, mereka tidak melihat tiga kedudukan golongan tadi, kedua ditambah lagi, terlalu fokus dengan produk jualan Anda tanpa pernah mau mengenali lebih dekat follower dan following Anda tentang karakter mereka dan atau tidak menjalin kedekatan emosional dengan calon pelanggan dan pelanggannya.


    Jadi barang yang tidak banyak yang terjual bukan berarti karena Anda tidak memiliki dana untuk membuat sebuah kontes atau karena Anda memiliki budget terbatas. Itu bukanlah penentu utama. Anda dapat lancar berjualan tanpa harus membuat kontes sebagai katalisatornya. Semua dapat Anda lakukan dengan kemampuan dana yang terbatas.


    Jika Anda adalah penjual produk yang tidak memiliki modal dan berharap dapat meningkatkan perekonomian Anda dengan berjualan di Instagram, itu pasti bisa. Anda tidak perlu minder atau takut kalah bersaing dengan advertisers besar bahkan kapitalis yang juga menggurita*) di sana. Di sini Aha Sarang Komputer akan memberikan tips membuat strategi dan langkahnya setahap demi setahap.


    Ada 3 strategi sebelum Anda melangkah mempromosikan produk Anda, yaitu


    1. buatlah account dengan nama merek produk Anda


    2. buatlah deskripsi singkat tentang kelebihan produk Anda.


    3. Siapkan logo dan photo untuk latar belakang atau thema profile Anda. Setelah siap upload.


    4. berikan informasi nomor kontak Anda dan lokasi Anda

    5. Alihkan Istagram Anda ke Instagram bisnis dan juga sekaligus dibuatkan account fanpage Facebook Anda.

      Untuk melakukan tahapan ini silahkan buka di sini


    6. Lakukan surveys selama satu bulan semua follower dan following Anda.

      Di sini Anda jangan terbawa pengaruh, bahwa memiliki jumlah follower itu wajib, yang harus Anda lakukan following sebanyak - banyaknya. Sekaligus juga harus meluangkan waktu untuk melihat update apa saja yang mereka buat, baik photo maupun video, berikan tanda like juga. Selain itu dalam surveys Anda juga harus melihat apa saja yang mereka sematkan like mereka,

      Langkah ini bertujuan untuk mengetahui apa saja yang mereka suka. Jika Anda melakukan ini, belum satu bulan, paling cepat dalam satu minggu, Anda pasti sudah dapat menemukan ide tagline apa yang menarik untuk produk Anda. Dan satu bulan cukup untuk melakukan itu, jadi dalam hal ini Anda tidak harus terburu - buru ingin menjual produk Anda


    7. Setelah satu bulan mulailah perkenalkan produk Anda.

      Pada Langkah ini yang harus dilakukan ;



      • Edit gambar

        Lakukan pengeditan gambar, yang diperlukan disini bukan gambar yang keren. Tapi gambar yang jelas, terang dan tajam. Caranya perbesar gambar Anda minimal 1,5 x, kemudian tingkatkan contras, brightener dan sharp. Tingkatkan sedikit blur dan shadows.


      • Upload gambar produk Anda

        Pada jam kerja, photo di upload antara jam 17.00 WIB sd jam 19.00 WIB. Pada hari libur, jam 09.00 WIB sd Jam 12.00WIB.

        Sebelum di-upload tambahkan hastagh. Dua sampai tiga hastag cukup. Hastag ini adalah tautan untuk memperkenalkan produk Anda.


      • Tidak mengupload gambar animasi (format gif) dan video di setiap update status Anda

        Tujuannya agar pengguna Instagram lebih mudah melihat gambar yang Anda upload, di sini pertimbangkan pengguna yang memiliki kuota minim, kebanyakan mereka itu Anak sekolah dan mereka itu pasar Anda, bukan sekedar supaya mereka membeli, tapi dari mereka produk Anda cepat dikenal, sekalipun misalkan orientasi pasar produk Anda untuk orang dewasa atau para lanjut usia.


      • Tidak meng-upload photo diluar photo produk Anda.

        Dalam hal ini Anda harus memiliki dua account Instagram, tujuannya agar ketika Anda ingin berbagi photo tentang pengalaman pribadi Anda dengan teman, keluarga atau kerabat, tidak disatukan dengan photo - photo produk Anda, biarkan itu terpisah di account Instagram yang lainnya, kecuali photo Anda yang bersama produk Anda di dalamnya.


    8. Setiap photo yang Anda upload diberi like oleh follower, berikan ucapan terima kasih dan like back pada photo status mereka.

      Di sini tujuannya selain menjalin kedekatan komunikasi juga menjadi arena untuk belajar menjalin komunikasi dengan calon pelanggan Anda.


    9. Upload photo produk secara berkala.

      Anda bisa melakukannya seminggu sekali atau seminggu dua kali, itu sudah cukup.


    10. Buatlah insta story.

      Dalam pembuat insta story sebuah produk itu berbeda dengan insta story profile pribadi. Untuk sebuah insta story produk dibutuhkan sebuah konsep. Maka buatlah konsep yang matang dan menarik tentang produk Anda.

      Untuk Insta Story Produk Anda dapat menguploadnya sebulan sekali.


    11. kembali ke poin 6 dan lakukan berulang kali.

    Demikian tahapan cara membuat strategi marketing jitu di Instagram. Setelah 6 bulan lihatlah Anda akan menuai hasilnya. Yang tak kalah pentingnya dan sangat menentukan dalam kelangsungan usaha Anda adalah pelayanan Anda, dari pengiriman yang tepat waktu sampai semua close. Dan abadikan setiap barang yang diterima pelanggan Anda bersama Anda dan upload.


    Dan terakhir, setelah usaha berjalan lancar, ucapkan rasa syukur pada Tuhan Anda dan sedikit berderma atas rejekinya pada orang - orang disekitar Anda yang membutuhkan.


    Semoga bermanfaat dan sukses.







    Fotenote:


    * menggurita = menyebarluas, merajalela, menguasai, berakar.



    Artikel Terkait

    No comments: