Sering ditemukan masalah ketika WhatsApp digunakan untuk voice call atau kontak panggilan atau kontak personal, suara tidak terdengar, tidak terdengar dengan jelas oleh si penerima dan atau oleh yang pemanggil atau pengontak. Terkadang untuk mengatasi ini sering dilakukan berpindah - pindah tempat pada saat kontak berlangsung.
Solusi untuk mengatasi ini tidak bisa selesai sempurna dengan cara diatas. Sebab ada dua hal disini, satu jaringan, kedua kekuatan sinyal diantara keduanya. Jika yang satu sinyal kuat sedangkan lawan bicara sinyal kecil, ini juga akan terjadi masalah terputus - putusnya percakapan.
Misalkan salah satunya sudah menggunakan smartphone berbasis LTE atau 4G sedangkan lawan bicara menggunakan smartphone 3G / HSDPA, ini akan terjadi masalah yang sama dengan diatas, kecuali smartphone 3G berada di area yang kuat sinyalnya.
Sedangkan pengguna LTE sudah berbasis jaringan internet untuk pesan dan kontak. Yang hanya sering ditemui pada pengguna LTE suaranya tidak terdengar oleh lawan bicara yang menggunakan 3G, sedangkan penerimaan suara sangat kuat. Karena LTE / 4G ini sudah berbasis Session Internet Protocol yang menggunakan APN Protocol IPv6. Berbeda dengan 3G, berbasis APN Protocol IPv4.
Sejenak melihat sekilas ke belakang. Sebelumnya mobile communication nircable, hanya bisa diakses dengan jaringan GSM ( Global System for Mobile Communication ), teknologi komunikasi nirkabel untuk pesan dan Kontak. Sama halnya dengan UMTS ( Universal Mobile Telecommunication System ) atau CDMA ( Code Division Multiple Access ). Kemudian pada perjalaan berikutnya GPRS ( General Packet Radio Service ).
Pada GPRS pada awalnya istilahya dinamakan 1G ( First Generation ) kemudian berkembang ke 2G - 2,5 G, terus ks 3G, terakhir ke 4G. Dan yang akan segera diluncurkan 5G. Pada awalnya akses internet GPRS hanya untuk akses data internet, kemudian berkembang bisa untuk media komunikasi, yang lebih cepat dan murah.
Kembali persoalan masalah kontak komunikasi menggunakan WhatsApp. WhatsApp ini menggunakan GPRS bukan GSM, sehingga hal yang wajar jika terjadi masakah terputus - putusnya suara bagi pengguna smartphone 3G jika tidak dekat jaraknya dengan jaringan antena menara serat optik. Sekalipun sudah berbasis HSDPA, dimana secara umum HSDPA pun untuk akses data bukan komunikasi.
Solusi untuk masalah ini, melakukan pengaturan akses data pada Smartphone 3G, yaitu data IP dan proxy dan port. Sekalipun ketika mendaftarkan akses internet saat pengisian pulsa kuota internet sudah otomatis bisa terhubung dengan internet. Karena pengisian data akses oun dan menguatkan tangkapan sinyal GPRS.
Tahap selanjutnya melakukan registrasi protocol Internet di smartphone. Registrasi ini diperuntukkan untuk komunikasi internet android VoIP, namun dengan membuat akun ini, yang membuat smartphone 3G serasa 4G. Dengan begitu komunikasi via internet akan stabil.
Di bawah ini video tip cara membuat pengaturannya dan beberapa server protocol yang bisa digunakan, bisa dilihat di https://www.callcentric.com/support/device/trixbox.
Sebagai kesimpulan, penyetalan ini untuk jaringan 3g, untuk 4g tidak perlu melakukan penyetelan. jika 4g masih bermasalah, yang bermasalah jaringan lawan bicara.
Demikian Tip Mengatasi Masalah Voice Calls WhatsApp.
Semoga bermanfaat
No comments:
Post a Comment