• Google
  • Blogger
  • WhatsApp
  • Design Contest
  • Facebook
  • Twitter
  • Instagram
  • Linkedin
  • Line
  • Payoneer
  • Privacy
  • Wednesday, 27 October 2021

    WhatsApp akan berhenti berfungsi di ponsel Apple dan Android minggu depan

    WhatsApp akan berhenti berfungsi di ponsel Apple dan Android minggu depan

    WhatsApp akan berhenti berfungsi di ponsel Apple dan Android minggu depan


    WhatsApp menambahkan banyak fitur baru yang berarti perangkat lunak lama tidak akan didukung (Gambar: NurPhoto via Getty Images




    WhatsApp telah mengumumkan bahwa beberapa smartphone yang berjalan pada OS yang lebih lama akan menjadi tidak kompatibel, mulai dari 1 November 2021. WhatsApp akan membutuhkan perangkat untuk berjalan di Android OS 4.1 dan di atasnya, iOS 10 dan di atas atau ponsel yang berjalan di KaiOS 2.5.1 atau di atasnya, yang meliputi JioPhone dan JioPhone 2.





    Sebelum Anda memeriksa daftar, pastikan ponsel Anda diperbarui ke versi OS terbaru. Anda dapat melakukannya dengan menuju ke menu "Pengaturan" dan mencari pembaruan yang tersedia. Selain perangkat lunak, akan ada beberapa perangkat yang tidak akan kompatibel dengan WhatsApp mulai 1 November dan seterusnya. Jika Anda memiliki salah satu perangkat ini, solusinya adalah mencadangkan pesan Anda terlebih dahulu, lalu membeli ponsel cerdas baru dan memulihkan riwayat obrolan Anda.


    Berikut adalah semua perangkat yang WhatsApp akan berhenti berfungsi mulai 1 November.



    iPhone



    Anda tidak akan dapat menggunakan WhatsApp di iPhone 4s dan perangkat yang lebih lama.



    Android



    Di antara smartphone dengan OS Android, Anda tidak akan dapat menggunakan WhatsApp jika Anda memiliki perangkat berikut dari Samsung, LG, Huawei, Sony, dan lainnya.



    Samsung



    Daftar perangkat dari Samsung yang tidak akan mendukung WhatsApp antara lain Samsung Galaxy Trend Lite, Galaxy Trend II, Galaxy SII, Galaxy S3 mini, Galaxy Xcover 2, Galaxy Core dan Galaxy Ace 2.



    LG



    Anda tidak akan dapat menggunakan WhatsApp di perangkat LG ini — LG Lucid 2, Optimus F7, Optimus F5, Optimus L3 II Dual, Optimus F5, Optimus L5, Optimus L5 II, Optimus L5 Dual, Optimus L3 II, Optimus L7, Optimus L7 II Dual, Optimus L7 II, Optimus F6, Enact, Optimus L4 II Dual, Optimus F3, Optimus L4 II, Optimus L2 II, Optimus Nitro HD dan 4X HD, dan Optimus F3Q.



    ZTE



    Jika Anda memiliki salah satu perangkat ZTE ini, Anda tidak akan dapat menggunakan WhatsApp messenger. Ini termasuk ZTE Grand S Flex, ZTE V956, Grand X Quad V987 dan Grand Memo.



    Huawei



    Anda perlu memutakhirkan perangkat Anda jika Anda memiliki salah satu dari smartphone Huawei ini, Huawei Ascend G740, Ascend Mate, Ascend D Quad XL, Ascend D1 Quad XL, Ascend P1 S, dan Ascend D2.



    Sony



    Anda tidak akan dapat menggunakan WhatsApp di smartphone Sony Xperia ini — Sony Xperia Miro, Sony Xperia Neo L, dan Xperia Arc S.



    Perangkat lain



    Perangkat Android lain yang tidak akan kompatibel dengan WhatsApp termasuk HTC Desire 500, Alcatel One Touch Evo 7, Archos 53 Platinum, Caterpillar Cat B15, Wiko Cink Five, Wiko Darknight, UMi X2, Faea F1, THL W8 dan Lenovo A820.



    Back up obrolan Anda



    Jika Anda menggunakan perangkat apa pun dari daftar di atas, perhatikan bahwa WhatsApp akan berhenti berfungsi mulai 1 November dan seterusnya. Anda perlu melakukan backup obrolan dan media Anda ke Google Drive atau iCloud dan mengembalikannya ke perangkat baru yang kompatibel untuk terus menggunakan WhatsApp.

    Monday, 25 October 2021

    Samsung Android 12 - Berikut adalah semua versi resmi One UI 4.0 beta untuk diunduh dan dipasang

    Samsung Android 12 - Berikut adalah semua versi resmi One UI 4.0 beta untuk diunduh dan dipasang

    Excel - Menganalisa Aktivias di Sosial Media






    Google telah mrilis versi baru dari sistem operasi selulernya, yang diklaim versi stabil Android 12 akhirnya hadir setelah beberapa bulan pengujian beta yang panjang, dan berbagai pembuat smartphone telah mengumumkan bahwa mereka berencana untuk meluncurkannya kepada penggunanya. Menjadi salah satu OEM Android terbesar, Samsung juga ikut sibuk menyelesaikan fitur eksklusif untuk kulit kustomnya, One UI, di atas versi baru Android dalam persiapan untuk peluncuran One UI 4.0 melalui saluran stabil.










    Ketika datang ke pengujian beta, OEM Korea memulai program beta One UI 4.0 berbasis Android 12 untuk seri Galaxy S21 pada bulan September. Samsung belum mengumumkan daftar resmi perangkat Galaxy yang memenuhi syarat untuk mendapatkan pembaruan Android 12, tetapi perusahaan kemungkinan akan membawa beberapa perangkat lain ke fase beta, termasuk flagships yang lebih tua dan bahkan beberapa mid-ranger, sebelum rilis stabil akhirnya. . Inisiatif beta publik sedang dilakukan melalui aplikasi Anggota Samsung, oleh karena itu pemilik perangkat Galaxy disarankan untuk memeriksa jadwal wilayah mereka dengan membuka aplikasi dan menuju ke bagian "Pemberitahuan".


    Ini adalah sebagai repositori pusat tautan unduhan untuk semua perangkat Samsung yang telah menerima pembaruan resmi Android 12 dalam bentuk One UI 4.0, termasuk versi beta publik dan versi stabil.


    Dan yanv mencakup perangkat Samsung yang telah menerima pembaruan Android 12 dalam bentuk One UI 4.0 — baik itu (publik) beta atau stabil — di wilayah mana pun. Karena tidak ada perangkat Galaxy yang berpartisipasi dalam program Pratinjau Pengembang Android 12 Google, kami hanya akan mengikuti nomenklatur nomor build Samsung dalam indeks di bawah ini demi kesederhanaan.


    Anda dapat menemukan tautan unduhan One UI 4.0 beta publik dan rilis stabil di bawah ini. Build ini pertama-tama diurutkan berdasarkan nama perangkat, lalu menurut region/varian SoC dan rilisnya. Khususnya, konsep ROM downgrade tidak berlaku di sini. Perlu juga disebutkan bahwa Anda tidak dapat melakukan cross-flash firmware yang ditujukan untuk model Samsung Galaxy berbasis Qualcomm Snapdragon SoC (misalnya varian AS) pada mitranya yang didukung Exynos (misalnya varian Eropa) atau sebaliknya.


    Sr. No. Channel, Build Number, and Region Recovery ROM Odin ROM Added On/Status Last Updated
    USA
    1.1. One UI 4.0 Beta 1 (ZUID)
    • Carrier variant (SM-G996U)
      • AUH9 to ZUID
    • Unlocked variant (SM-G996U1)
      • AUH9 to ZUID
    September 13, 2021
    1.2. One UI 4.0 Beta 2 (ZUJ1)
    • Carrier variant (SM-G996U)
      • ZUID to ZUJ1
    • Unlocked variant (SM-G996U1)
      • ZUID to ZUJ1
    5 Okotober 5, 2021
    1.3. One UI 4.0 Beta 3 (ZUJG)
    • Carrier variant (SM-G996U)
      • ZUJ1 to ZUJG
    • Unlocked variant (SM-G996U1)
      • ZUJ1 to ZUJG
    25 Oktobe, 2021
    Germany
    1.1 One UI 4.0 Beta 1 (ZUIC)
    • AUHD to ZUIC
    3 September 13, 2021
    1.2 One UI 4.0 Beta 2 (ZUJ1)
    • ZUIC to ZUJ1
    5 Oktober, 2021
    1.3 One UI 4.0 Beta 3 (ZUJG)
    • ZUJ1 to ZUJG
    25 October 2021
    Indonesia
    1.1 One UI 4.0 Beta 2 (Beta testing started with ZUJ1)
    • AUIE to ZUJ1
    5 October 202
    1.2 One UI 4.0 Beta 3 (ZUJG)
    • ZUJ1 to ZUJG
    25 Oktober 2021
    United Kingdom
    1.1 One UI 4.0 Beta 2 (Beta testing started with ZUJ1)
    • AUIE to ZUJ1
    5 October 2021
    1.2 One UI 4.0 Beta 3 (ZUJG)
    • ZUJ1 to ZUJG
    25 October 2021


    Perusahaan menyatakan bahwa semua perangkat Galaxy S, Galaxy Note, Galaxy Z, Galaxy Tab S, dan seri A tertentu yang akan datang juga akan disertakan dalam jaminan pembaruan Android tiga tahun yang besar ini. Perlu dicatat bahwa smartphone seri Galaxy S10 dan Galaxy Note 10 memenuhi syarat untuk mendapatkan satu lagi peningkatan Android utama yang akan menjadi Android 12.


    Seperti setiap tahun, Samsung mulai mengerjakan One UI generasi berikutnya tepat setelah pengumuman resmi Android 12. Perlu diketahui, Google meluncurkan OS Android 12 pada 4 Oktober. Namun, raksasa teknologi Korea telah memulai program One UI 4 Beta pada akhir Agustus. Selain itu, peluncuran stabil dapat dimulai pada Desember 2021 dimulai dengan seri Galaxy S21.


    • Galaxy S series:
      Galaxy S21 Ultra 5G, S21+ 5G, S21 5G, S20 Ultra 5G, S20 Ultra, S20+ 5G, S20+, S20 5G, S20, S20 FE 5G, S20 FE in addition to S10 5G, S10+, S10, S10e, S10 Lite, and upcoming S series devices


    • Galaxy Note series:
      Galaxy Note 20 Ultra 5G, Note 20 Ultra, Note 20 5G, Note 20, Note 10+ 5G, Note 10+, Note 10 5G, Note 10, Note 10 Lite, and upcoming Note series devices


    • Galaxy Foldable devices:
      Galaxy Z Fold 2 5G, Z Fold2, Z Flip 5G, Z Flip, Fold 5G, Fold, and upcoming Z series devices


    • Galaxy A series:
      Galaxy A72, A52 5G, A52, A32, A71 5G, A71, A51 5G, A51, A90 5G and select upcoming A series devices


    • Tablets:
      Galaxy Tab S7+ 5G, Tab S7+, Tab S7 5G3, Tab S7, Tab S6 5G4, Tab S6, Tab S6 Lite, and upcoming Tab S series devices






    Sunday, 24 October 2021

    Excel - Menganalisa Aktivitas di Sosial Media

    Excel - Menganalisa Aktivitas di Sosial Media

    Excel - Menganalisa Aktivias di Sosial Media






    Apakah Anda mencari cara untuk menganalisis dampak konten Anda?


    Apakah Anda memerlukan sistem sederhana yang berfungsi?


    Jika Anda tidak memiliki anggaran untuk perangkat lunak yang mahal, spreadsheet dan sedikit waktu Anda dapat menghasilkan beberapa data yang berguna.









    Dalam artikel ini saya akan menunjukkan cara menganalisis keterlibatan dan dampak postingan media sosial Anda menggunakan Excel.



    Mengapa Menganalisis ?



    Tidak peduli ukuran bisnis Anda, ketika berbicara tentang media sosial, Anda ingin membangun dua hal: keterlibatan dan komunitas.


    Untuk memastikan bahwa Anda mengirimkan konten hebat yang sesuai dengan penggemar dan pengikut Anda, Anda perlu melacak, menguji, dan mengukur postingan yang Anda masukkan di jejaring sosial Anda.


    Ini sangat sederhana.


    Begini caranya:



    I. Buat Spreadsheet Anda



    Untuk memulai, buka Excel dan buat 14 kolom yang akan berisi kategori berikut untuk menggabungkan semua informasi yang Anda butuhkan di pembaruan dan posting media sosial Anda:


    • Date
    • Network
    • Categories
    • Subcategories
    • Target
    • Calls to action
    • Meta-tags
    • Posts
    • Impressions
    • Comments (replies)
    • Likes (favorites)
    • Shares (retweets)
    • Clicks
    • Total keterikatan


    Contoh spreadsheet (target, meta-tag, postingan, dan tayangan tersembunyi)



    Empat kolom terakhir adalah tempat Anda menyimpan nomor keterlibatan untuk konten Anda. Setiap jaringan memiliki tiga tindakan keterlibatan dasar: suka, komentar, dan bagikan. Bahkan di Instagram, yang tidak memiliki fungsi repost di dalamnya, ada perilaku pengguna memposting ulang dan menandai penulis aslinya.


    Gunakan spreadsheet ini untuk menyimpan data dan menganalisis konten Anda.


    Gunakan spreadsheet ini untuk menyimpan data dan menganalisis konten Anda.



    II. Identifikasi Kategori dan Subkategori



    Anda harus memutuskan informasi di bawah dan mencatatnya sebelum melanjutkan ke langkah #4 di bawah tempat Anda mengisi spreadsheet.



    Kategori



    Basis kategori Anda pada topik utama posting Anda dan gunakan untuk mengidentifikasi tren utama dalam kinerja konten di setiap jaringan. Contoh kategorinya adalah:


    • Produk: Posting tentang kategori produk utama.


    • Liburan/musiman: Postingan dengan tema musiman, yang sangat berguna untuk bisnis e-niaga.


    • Konten pihak ketiga: Postingan dengan konten dari situs web lain seperti berita, artikel, dan postingan blog.


    Buat kategori sebanyak yang Anda suka, tetapi tetap mudah dikelola dan umum. Simpan spesifikasi untuk subkategori.


    Buat kategori sebanyak yang Anda suka, tetapi tetap mudah dikelola dan umum. Simpan spesifikasi untuk subkategori.



    Subkategori



    Pecah kategori menjadi subkategori yang lebih kecil. Ini memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi tren mikro, serta bagian konten mana yang bekerja paling baik dan paling buruk. Berdasarkan kategori di atas, contoh dapat mencakup:








    • Nama atau fitur produk yang spesifik.


    • Nama liburan atau kampanye yang spesifik yang Anda jalankan untuk musim tertentu.


    • Nama situs web tertentu tempat Anda menarik konten atau kategori topik untuk artikel seperti "humor", "gaya hidup", atau "kecantikan".



    Subkategori bisa sespesifik yang Anda suka, tetapi tetap tematik. Setiap subkategori harus memiliki setidaknya tiga pos; jika tidak, mungkin terlalu spesifik dan lebih cocok sebagai meta-tag (lebih lanjut tentang itu nanti).



    III. Buat Garis Besar Target dan Ajakan Bertindak Anda



    Kedua kolom ini membutuhkan pemikiran yang matang dan pemahaman yang baik tentang target pasar dan tujuan bisnis Anda. Anda akan memerlukan informasi ini untuk mengisi kolom ini di spreadsheet Anda.



    Target



    Targetnya adalah dengan siapa Anda berbicara dengan konten Anda. Bisnis Anda mungkin memiliki beberapa target berdasarkan orang dan pengambil keputusan yang terlibat dengan konten Anda dan membeli produk Anda. Demi kesederhanaan, kami akan menggunakan "laki-laki" dan "perempuan" sebagai contoh target.


    Namun, saya mendorong Anda untuk meluangkan waktu mempertimbangkan berbagai jenis orang di audiens Anda dan membangun konteks di sekitar individu tersebut untuk menginformasikan strategi konten Anda.



    CTA (Panggilan untuk Bertindak)



    CTA mengambil banyak bentuk, tergantung pada tujuan individu dari posting di setiap kategori. Perlu diingat bahwa tidak semua postingan membutuhkan CTA dan tidak semua CTA harus terkait dengan produk.


    Contoh CTA meliputi:


    • Subscribe
    • Visit website
    • Buy now
    • Share


    Masukkan ajakan bertindak Anda untuk membantu Anda memantau kesuksesan Anda


    Meta-tag



    Untuk analisis yang lebih mendalam tentang jenis konten Anda, Anda harus menggunakan meta-tag tambahan untuk menggambarkan elemen individual dari konten itu sendiri.


    Kata kunci, deskripsi gambar (seperti orang, objek, warna, ukuran atau orientasi) dan bahkan deskriptor nada untuk salinan (seperti lucu atau bersemangat) dapat digunakan sebagai meta-tag.

    Tag ini membantu mengisolasi tren dalam konten kreatif sehingga Anda dapat memilih gambar yang lebih menarik dan menulis salinan yang lebih dinamis untuk postingan Anda.



    IV.Kumpulkan Data Anda



    Saatnya mengisi spreadsheet Anda! Ada beberapa cara untuk melakukan ini, tergantung pada jaringan yang Anda gunakan.


    Di bawah ini adalah contoh spreadsheet untuk perusahaan ritel yang menggunakan kategori, subkategori, target, dan meta-tag yang ditentukan di atas.


    Isi spreadsheet Anda dengan detail posting


    Ada banyak informasi untuk dikumpulkan, tetapi semuanya mudah ditemukan.


    Twitter Analytics memiliki fitur Ekspor untuk 500 tweet terakhir Anda, dan Facebook Insights dapat diekspor dalam potongan 180 hari. Ekspor secara teratur untuk memastikan data Anda terkini.


    Gunakan alat seperti bit.ly untuk melacak klik tautan Anda. Jika Anda cenderung mengeposkan tautan yang sama beberapa kali, pastikan Anda menghubungkan klik Anda dengan konten yang tepat dengan menggunakan alat seperti Laporan Klik HootSuite atau BufferApp untuk melacak pos tertentu yang menghasilkan klik. Masing-masing alat ini memiliki versi gratis yang memungkinkan Anda mengukur posting di beberapa jaringan.









    V. Urutkan Data Anda



    Untuk mengidentifikasi konten berkinerja terbaik di semua jaringan Anda, urutkan kolom Total Engagement dalam urutan menurun.


    Urutkan berdasarkan Total Keterlibatan


    Untuk menemukan postingan dengan performa terbaik untuk jejaring sosial tertentu seperti Twitter atau Instagram, filter terlebih dahulu berdasarkan Jaringan, lalu berdasarkan Keterlibatan Total.


    Filter spreadsheet Anda untuk menemukan postingan dengan keterlibatan tertinggi di setiap jaringan.


    VI. Analisis Kategori



    Langkah selanjutnya adalah memfilter secara manual untuk kategori dan subkategori yang ingin Anda tinjau.


    Excel sangat literal, jadi jika Anda menyertakan lebih dari satu kategori atau subkategori yang ditetapkan ke konten, Anda harus menggunakan input "berisi" di fitur Filter Excel, daripada memilih kotak centang. Gunakan pengaturan ini untuk melihat baris dalam kolom yang memiliki beberapa subkategori yang ditetapkan, dan yang hanya memiliki satu subkategori.



    Gunakan filter "berisi" untuk menampilkan posting kategori Produk yang melintasi beberapa subkategori.


    Setelah Anda mengidentifikasi posting teratas dalam kategori Anda, saatnya untuk menganalisisnya untuk salinan posting, struktur kalimat, dan gambar (jika ada). Tren apa yang dapat membantu Anda mengoptimalkan konten untuk setiap jaringan?


    Berikut adalah contoh dari tiga posting yang mempromosikan link yang sama.


    Perbandingan tiga pos yang mempromosikan tautan yang sama menunjukkan bahwa keterlibatan tertinggi dengan pria.


    Dalam hal ini, analisis menunjukkan bahwa panjang posting yang lebih pendek menerima lebih banyak keterlibatan. Di antara postingan serupa tentang sweater ini, postingan yang menggunakan dua gambar berbeda menghasilkan rasio klik-tayang yang lebih tinggi dengan pria dibandingkan dengan wanita.



    Kesimpulan



    Anda tidak harus bergantung pada intuisi untuk mengetahui postingan mana yang berkinerja terbaik untuk Anda. Gunakan Excel untuk mengungkapkan wawasan penting tentang keterlibatan posting secara hampir real-time dan membuat keputusan yang lebih tepat tentang strategi konten Anda.


    Semoga bermanfaat.





    Scott Ritter Mantan Perwira Intelijen Marinir AS

    https://aha-duapermata.blogspot.com/2021/10/mantan-perwira-intelijen-korps-marinir-as-as-tidak-punya-uang-untuk-membela-taiwan.html


    " />

    Friday, 22 October 2021

    Android 12 - Merk Ponsel yang Kompatibel dan Cara Download

    Android 12 - Merk Ponsel yang Kompatibel dan Cara Download

    Android 12 - Merk Ponsel yang Kompatibel dan Cara Download






    Update terbaru sistem operasi seluler Google adalah Android 12 yang dikemas dengan segala macam peningkatan, beberapa besar dan beberapa kecil. Android 12 atau versi ke-19 dari Android ini adalah sistem operasi seluler yang dikembangkan oleh Open Handset Alliance yang dipimpin oleh Google. Beta pertama dirilis pada 18 Mei 2021. Android 12 dirilis secara publik pada 4 Oktober 2021.







    Google mengklaim bahwa, pembaruan ke Android 12 lebih merupakan langkah daripada lompatan, tetapi beberapa peningkatan yang berarti mengintai di sini. Sebelum kita menyelami fitur-fiturnya, berikut ini cara mendapatkan pembaruan di ponsel Anda.


    Android Google berjalan di lebih dari 3 miliar perangkat di seluruh dunia. Anda akan menemukannya di smartphone teratas dari Samsung, Motorola, LG, Sony, OnePlus, dan, tentu saja, di lini Pixel Google.


    Android 12 adalah pembaruan tahun 2021 untuk sistem operasi Google Android, dibangun di atas Android 11 tahun 2020, yang masih belum dimiliki beberapa ponsel. Android 12 ini lebih dari sekadar pembaruan berulang, Google menggambarkannya sebagai perubahan desain terbesar dalam sejarah Android.


    Peluncuran pembaharuan sistim operasi android 12 ini, setelah acara peluncuran Pixel 6, Google. Dan perangkat lunak tersebut sekarang tersedia untuk ponsel Pixel lama, meskipun perusahaan belum mengonfirmasi ponsel mana yang kompatibel (kami menduga Pixel 3 mungkin ponsel tertua yang mendapatkan pembaruan tersebut. itu adalah ambang batas untuk Android 12 beta).



    Cara Install android 12



    Untuk mengetahui apakah Anda dapat mengunduh pembaruan sekarang di ponsel Android Anda, lihat di Settings › System dan klik Advanced › System Updates. Seharusnya secara otomatis mencari pembaruan, tetapi Anda juga dapat mengetuk Periksa pembaruan. Ingatlah bahwa pembaruan biasanya diluncurkan selama beberapa hari, sehingga ponsel yang memenuhi syarat pun mungkin harus menunggu sejenak.


    Jika Anda memiliki Google Pixel 3 atau yang lebih baru, Anda bisa mendapatkan Android 12 sekarang. Juga akan tersedia untuk perangkat Android One, dan Google mengatakan itu akan tiba untuk perangkat Samsung Galaxy, OnePlus, Oppo, Realme, Tecno, Xiaomi, dan Vivo akhir tahun ini (banyak di antaranya merupakan bagian dari Android 12 program beta).


    Sebelum Anda meningkatkan sistim opersi ponsel Anda, selalu pintar untuk melakukan backup (mencadangkan semuanya), jadi buka Settings › System › Backup › Backup Now.



    Ponsel Kompatibel



    Berbicara tentang Android 12 beta, kita dapat melihat daftar ponsel yang kompatibel untuk itu untuk mendapatkan beberapa petunjuk tentang yang mungkin menjadi yang pertama untuk Android 12 yang telah selesai. Mereka adalah sebagai berikut daftar lengkapnya, dikutip dari Business Insider:








    Google



    Pembaruan Android 12 akan bisa didapatkan pada Pixel 3, Pixel 3 XL, Pixel 3a, Pixel 3a XL, Pixel 4, Pixel 4 XL, Pixel 4a, Pixel 4a (5G), Pixel 5, dan Pixel 5a.



    Samsung



    Berikut adalah perangkat yang dikonfirmasi akan mendapatkan pembaruan Android 12:



    1. Galaxy S Series: Untuk S21 series Android 12 beta telah dirilis bulan lalu. Perangkat yang akan mendapatkan Android 12 secepatnya adalah Galaxy S20 Ultra 5G, S20 Ultra, S20+ 5G, S20+, S20 5G, S20, S10 5G, S10+, S10, S10e, dan S10 Lite.


    2. Galaxy Note Series: Galaxy Note20 Ultra 5G, Note20 Ultra, Note20 5G, Note20, Note10+ 5G, Note10+, Note10 5G, Note10 dan Note10 Lite.


    3. Galaxy Foldable: Galaxy Z Fold2 5G, Z Fold2, Z Flip 5G, Z Flip, Fold 5G dan Fold.


    4. Galaxy A Series : Galaxy A71 5G, A71, A51 5G, A51 dan A90 5G.


    5. Galaxy Tab S Series : Galaxy Tab S7+ 5G, Tab S7+, Tab S7 5G3, Tab S7, Tab S6 5G4, Tab S6, Tab S6 Lite.


    Nokia



    Nokia XR 20, Nokia 1.3, 2.4, 3.4, 5.3, 5.4, 8.3 5G, Nokia CO1 Plus, Nokia C20 Plus, Nokia G10, Nokia G20, Nokia X10, X20 dan XR20.



    Xiaomi



    Seri Mi 11 yaitu Mi 11, Mi 11 Ultra, Mi 11i dan Mi 11X Pro, Mi 11 Lite 4G, Xiaomi 11 Lite NE 5G, Xiaomi 11T, 11T Pro, Redmi Note 10 series, Redmi 10 Prime dan Redmi K20 series.








    OnePlus



    OnePlus 9, 9 Pro,dan Nord 2. Sementara One Plus 8, 8 Pro, 8T, OnePlus Nord, dan OnePlus Nord CE.



    Perangkat Lainnya



    Oppo Find X3 Pro, Realme GT, Realme GT Master Edition, Realme 8i, Realme 8S 5G, Vivo V21 5G, Vivo V60 Pro, seri Vivo V50, Vivo V20, iQOO 7 Legend iQOO 7, seri iQoo Z3, Poco F3 GT, Poco X3 Pro, Moto G 5G, Moto Razr 5G, Motorola Edge 20 Fusion, Motorola Edge 20, Motorola G60, Motorola G40 Fusion, Motorola G30, Asus Zenfone 8 , Asus Zenfone Flip, ROG Phone 5, ROG Phone 4, TCL 20 Pro, Aquos Sense 5G dan Axon 30 Ultra 5G.



    Thursday, 21 October 2021

    Kode Dialer Tersembunyi Ponsel Android

    Kode Dialer Tersembunyi Ponsel Android

    Kode Dialer Tersembunyi Ponsel Android






    Jika Anda seorang penggemar teknologi yang bersemangat, kemungkinan besar Anda tahu tentang sebagian besar kode rahasia untuk ponsel, Anda tahu, yang biasanya dimulai dengan '*#.' Bagi mereka yang tidak sadar, ponsel telah lama memiliki kode tersembunyi yang dapat digunakan untuk mengakses aplikasi dan pengaturan tersembunyi yang menarik.









    Sistem operasi ponsel Android terkenal dengan fitur tersembunyi dan telur paskahnya. Salah satu area tersebut menggunakan kode dialer khusus untuk mengakses berbagai aplikasi dan pengaturan tersembunyi. Beberapa kode ini bersifat universal, yang berarti Anda akan mendapatkan output yang diinginkan di perangkat Android apa pun, terlepas dari apakah itu ponsel unggulan atau ponsel murah.


    Namun, custom OEM skins (misalnya One UI oleh Samsung dan MIUI oleh Xiaomi) dan model yang disesuaikan dengan operator sering kali dilengkapi dengan kumpulan kode tersembunyi mereka sendiri.


    Di bawah ini Anda dapat menemukan banyak kode tersembunyi Android generik dan khusus perangkat. Cobalah dan temukan beberapa fungsi rahasia paling praktis dari ponsel Anda. Jika Anda tidak melihat perangkat Anda terdaftar atau Anda ingin mengirimkan kode baru, kirim pesan ke Skanda Hazarika (SkandaH di forum) dengan semua detail yang relevan


    Kode dialer khusus Android


    1. *#0*# - Membuka menu diagnostik perangkat keras



    2. *#06# - IMEI smartphone



    3. *#07# -Menampilkan nilai Tingkat Penyerapan Spesifik (SAR) perangkat


    4. *#011# - Menampilkan koneksi jaringan dan menyajikan informasi terkait sel






    5. *#66# - Menampilkan IMEI dan MEID dalam format terenkripsi



    6. *#*#225#*#* - Menampilkan informasi penyimpanan kalender



    7. *#0228# - Tampilan Status Batterai



    8. *#0283# - Membuka pengaturan loopback paket



    9. *#*#426#*#* - Menampilkan halaman diagnostik Firebase Cloud Messaging (FCM) atau informasi yang terkait dengan Layanan Google Play


    10. *#*#759#*#* - Access Rlz Debug UI (Select devices only)

      Menampilkan Debug RLZ dengan ID Perangkat Unik dan data lain yang terkait dengan penginstalan aplikasi. Anda juga dapat mengaktifkan (dan menonaktifkan) mode OEM melalui antarmuka ini.


    11. *#800# - Membuka mode pabrik/menu umpan balik


    12. *#888# - Menampilkan versi PCB dari motherboard telepon


    13. *#1234# - Menampilkan versi perangkat lunak dan detail tambahan


    14. *#*#2947322243#*#* Menghapus memori internal (gunakan dengan hati-hati!).


    15. *#0808# - Menampilkan pengaturan USB



    16. *#6776# - Menampilkan versi perangkat lunak dan detail tambahan


    17. *#*#64663#*#* - Menampilkan menu diagnostik perangkat keras (juga dikenal sebagai menu uji QC)


    18. *#*#73788423#*#* - Menampilkan menu layanan


    19. *#2663# - Menampilkan menu versi firmware lanjutan


    20. *#*#1111#*#* - Versi perangkat lunak FTA (Hanya perangkat tertentu)


    21. *#7353# - Menampilkan menu uji cepat.


    22. *#9090# - Menampilkan alat debugging tingkat lanjut


    23. *#12580369# - Informasi perangkat lunak dan perangkat keras


    24. *#7465625# - Device lock status


    25. *##232338##* - MAC address


    26. *#*#2663#*#* : Versi Touchscreen version


    27. *#*#3264#*#* : RAM versi


    28. *#*#232331#*#* - Bluetooth address


    29. *#*#1575#*#* - Jenis tes GPS yang berbeda


    30. ##778 (+call) - Menampilkan menu Epst


    31. *#12580*369# - untuk mengecek informasi software dan hardware.


    32. *#*#2222#*#* - versi Hardware


    33. *#*#44336#*#* - Versi perangkat lunak dan info pembaruan


    34. *#*#273283*255*663282*#*#* - Untuk backup cepat ke semua file media Anda






    Saturday, 16 October 2021

    Keywords Dengan Metode Objek Javascript

    Keywords Dengan Metode Objek Javascript

    Keywords Dengan Metode Objek Javascript






    Keywords atau kata kunci adalah kata-kata yang dicadangkan dalam JavaScript yang tidak dapat Anda gunakan untuk menunjukkan label variabel atau nama fungsi. Ada total 63 kata kunci yang disediakan JavaScript untuk programmer.









    Kata kunci adalah kata-kata yang dicadangkan yang merupakan bagian dari sintaks dalam bahasa pemrograman, yaitu sebagai token yang memiliki arti khusus. Misalnya;


     
    const a = 'hello';
    


    Di sini, const adalah kata kunci yang menunjukkan bahwa a adalah konstanta.


    Kata kunci tidak dapat digunakan untuk memberi nama pengenal.


    Berikut adalah daftar kata kunci yang tersedia di JavaScript.


    await break case catch class
    const continue debugger default delete
    do else enum export extends
    false finally for function if
    implements import in instanceof interface
    let new null package private
    protected public return super switch
    static this throw try true
    typeof var void while with
    yield


    Aturan untuk Memberi Nama Pengenal JavaScript



    Aturan penulisan identifier adalah:


    • Nama pengenal harus dimulai dengan huruf, garis bawah _, atau tanda dolar $. Misalnya,
       
       //valid
       const a = 'halo';
       const _a = 'halo';
       const $a = 'halo';
      
    • Nama pengenal tidak boleh diawali dengan angka. Sebagai contoh,
       
       //tidak valid
       const 1a = 'halo';  // ini memberikan kesalahan
       
    • JavaScript peka huruf besar-kecil. Jadi y dan Y adalah pengidentifikasi yang berbeda. Sebagai contoh,
       
       const y = "hai";
       konstanta Y = 5;
       console.log(y);  // Hai
       console.log(Y);  // 5
       
    • Kata kunci tidak dapat digunakan sebagai nama pengenal. Sebagai contoh,
       
       //tidak valid
       const baru = 5;  // Kesalahan!  baru adalah kata kunci.
       


    Catatan :


    Meskipun Anda dapat memberi nama pengenal dengan cara apa pun yang Anda inginkan, memberikan nama pengenal deskriptif merupakan praktik yang baik.


    Jika Anda menggunakan pengenal variabel untuk menyimpan jumlah siswa, lebih baik menggunakan siswa atau numberOfStudents daripada x atau n.



    Samsung Galaxy A22 Smartphone 5G Murah Tidak Murahan

    Samsung Galaxy A22 Smartphone 5G Murah Tidak Murahan

    Samsung Galaxy A22 Smartphone 5G Murah Tidak Murahan







    Era smartphone 5G, Samsung kembali menghadirkan smartphone seri A lainnya yang merambah pasar kelas menengah bawah. Samsung Galaxy A22 5G yang ditenagai oleh MediaTek Dimensity 700 SoC. Samsung juga menyertakan 11 pita 5G yang paling banyak di semua smartphone, jadi sekarang, ini bisa disebut smartphone 5G.










    Smartphone 5G termurah yang dimiliki produsen mana pun saat ini di pasaran telah menjadi semacam kategori kompetitif yang aneh tahun ini. Untuk Samsung, yang dulu adalah Galaxy A32 5G yang dirilis pada Januari lalu, bersama A52 5G dan A72 5G. Sekarang gelar itu secara resmi telah ditransfer ke Galaxy A22 5G. Seperti saudara kandungnya yang lebih tinggi, A22 tersedia dalam varian 5G dan 4G biasa. Dan sekali lagi, menjejalkan dalam 5G, tanpa menyimpang terlalu banyak dari titik harga asli telah mengharuskan beberapa downgrade besar, dibandingkan dengan model LTE.






    Samsung Galaxy A22, yang didukung kamera utama 48MP dan kapasitas RAM 6GB, hadir dengan dua varian warna, yaitu violet dan gray. Launching di Indonesia dengan harga HP Samsung A22 dibanderol hanya Rp antara 3 juta sd 2 jutaan.


    Jika melihat spesifikasi dan harga HP Samsung A22 yang ada di Indonesia, rasanya wajar jika HP ini dengan cepat menarik perhatian para pencari HP kelas menengah ke bawah. Di situs resmi Samsung Indonesia saat ini, harga HP Samsung A22 dibanderol hanya Rp Rp 3.299.000. Meskipun murah, spesifikasinya tidak bisa dibilang rendah.


    Untuk pasangan Galaxy A22, khususnya, beberapa keunggulan utama yang dimiliki model LTE dibandingkan saudara kandungnya termasuk layar Super AMOLED, resolusi sedikit lebih rendah, tetapi sebaliknya lebih baik secara keseluruhan. Juga, kamera yang sedikit lebih baik, termasuk ultrawide 8MP, makro khusus 2MP, dan kamera selfie 13MP.


    Galaxy A22 5G memiliki layar LCD 90Hz, kamera ultrawide 5MP, tanpa kedalaman, dan kamera selfie 8MP. Namun, Galaxy A22 5G juga memiliki beberapa kualitas penebusan. Satu hal yang menonjol, khususnya, adalah layar LCD FHD+, 90Hz, yang lebih baik daripada LCD dasar 60Hz, 720p+ pada Galaxy A32 5G, perangkat yang secara teknis berdiri lebih tinggi di jajaran produk dan masih sedikit lebih mahal daripada A22 5G. Itulah yang dapat dihasilkan dari perkembangan selama setengah tahun di kancah ponsel anggaran. Hal-hal yang mengesankan.


    Sekilas Spesifikasi Samsung Galaxy A22 5G:


    • body: 167.2x76.4x9.0mm, 203g; Kaca depan, bingkai plastik, belakang plastik.

    • Layar: TFT 6,60", 90Hz, resolusi 1080x2400 piksel, rasio aspek 20:9, 399ppi.

    • Chipset: MediaTek MT6833 Dimensity 700 5G (7 nm): Octa-core (2x2,2 GHz Cortex-A76 & 6x2,0 GHz Cortex-A55); Mali-G57 MC2.

    • Memori: RAM 64 GB 4 GB, RAM 128 GB 4 GB, RAM 128 GB 6 GB, RAM 128 GB 8 GB; microSDXC (slot khusus).

    • OS/Perangkat Lunak: Android 11, One UI Core 3.1.

    • Kamera belakang: Lebar (utama): 48 MP, f/1.8, PDAF; Sudut ultra lebar: 5 MP, f/2.2, 115 derajat, 1/5.0", 1,12µm; Kedalaman: 2 MP, f/2.4.

    • Kamera depan: 8 MP, f/2.0, (lebar).

    • Pengambilan video: Kamera belakang: 1152p@30fps; Kamera depan: 1080p@30fps

    • Baterai: 5000mAh; Pengisian cepat 15W

    • Lain-lain: Pembaca sidik jari (dipasang di samping); radio FM; jack 3.5mm.


    Ada banyak aspek menarik lainnya dari A22 5G untuk diperiksa di luar itu juga, seperti chipset Dimensity 700-nya, yang di permukaan terdengar seperti sedikit penurunan dibandingkan dengan Dimensity 720 yang memberi daya pada Galaxy A32 5G, namun memiliki beberapa batasan tertentu, sendiri, seperti resolusi pengambilan video maksimum 2K. Tapi, kita akan mendapatkan semua itu pada waktunya.


    Berputar kembali ke bagian-bagian penting, seperti saudara kandungnya, Galaxy A22 5G adalah bagian dari rencana baru dan ambisius Samsung untuk keluarga Galaxy A terlaris. Tagline baru "Awesome is for everyone" sangat pas. Proposisi nilai adalah prioritas yang jelas pada semua perangkat ini.


    Menawarkan versi 4G dan 5G dari semua handset adalah cara lain untuk membuat jajaran produk semenarik mungkin. Omong-omong, anggaran atau tidak, Galaxy A22 5G masih mendapatkan semua manfaat dan kelebihan yang datang dengan One UI 3.1, di atas Android 11, serta komitmen dukungan perangkat lunak Samsung yang lebih baik dan jangka panjang, akhir-akhir ini.



    Unboxing



    Sebagai tawaran anggaran, Galaxy A22 5G dapat dimengerti hadir dalam kotak yang agak polos. Mungkin Samsung dapat melakukan sedikit lebih baik untuk perlindungan selama transit.


    Pada catatan yang lebih positif, setidaknya A32 5G sendiri dibungkus dengan plastik di sekelilingnya, termasuk strip tipis yang menempel di sepanjang bingkai plastik, untuk perlindungan ekstra.


    Berbicara tentang perlindungan, atau kekurangannya, Galaxy A22 5G tidak memiliki pelindung layar pra-aplikasi, juga tidak ada kasing di dalam kotak. Keduanya umum dengan ponsel anggaran dari produsen lain. Apa yang Anda dapatkan adalah pengisi daya dinding 15W dasar (9V@1.67A atau 5V@2A) dan kabel USB Tipe-A ke Tipe-C yang sederhana dan cukup pendek. Akhirnya, tidak ada skema pengisian daya eksklusif yang dimainkan di sini, jadi Anda tidak perlu menggunakan kabel yang disertakan untuk mendapatkan 15W penuh.


    Unit Galaxy A22 5G kami juga dilengkapi dengan handsfree berkabel (bud dengan mikrofon inline) di dalam kotak. Ini adalah unit bermerek Samsung yang cukup mendasar, tidak ada yang terlalu mewah, meskipun Anda juga mendapatkan tombol inline. Perlu dicatat bahwa ini mungkin aksesori regional yang tidak semua paket dapatkan karena kami tidak mendapatkan kuncup dengan A32 5G tingkat lebih tinggi

    Pro Kontra Samsung Galaxy 22



    PRO KONTRA
    11 5G Pita Frekuensi Display TFT
    MediaTek Dimensity 700 SoC Terlalu mahal
    Slot kartu SD khusus Hanya Pengisian 15W

    Monday, 27 September 2021

    Bagaimana cara meminta perusahaan untuk menghapus data pribadi Anda - Studi kasus di AS

    Bagaimana cara meminta perusahaan untuk menghapus data pribadi Anda - Studi kasus di AS

    Perusahaan menimbun data pribadi tentang Anda. Inilah cara membuat mereka menghapusnya







    Kasus terjadi AS, pada bulan Februari, Whitney Merrill, seorang pengacara privasi yang tinggal di San Francisco, meminta perusahaan obrolan audio Clubhouse untuk mengungkapkan berapa banyak orang yang telah membagikan nama dan nomor teleponnya dengan perusahaan sebagai bagian dari fitur berbagi kontak, dengan harapannya, bahwa data tersebut untuk dihapus.









    Saat dia menunggu kabar dari perusahaan, dia men-tweet tentang prosesnya dan juga menghubungi beberapa karyawan Clubhouse untuk meminta bantuan.


    Hanya setelah itu, dan beberapa minggu setelah batas waktu 45 hari Undang-Undang Privasi Konsumen California bagi perusahaan untuk menanggapi permintaan penghapusan data, Clubhouse menanggapi dan memenuhi permintaannya untuk menghapus informasinya, kata Merrill.


    “Mereka akhirnya memperbaikinya setelah banyak tekanan karena saya cukup beruntung bisa men-tweet tentang itu,” katanya.


    Undang-Undang Privasi Konsumen California (CCPA) yang terkenal, yang mulai berlaku pada tahun 2020, memberikan hak kepada penduduk negara bagian untuk meminta perusahaan untuk tidak menjual data mereka, memberikan salinan data tersebut, atau menghapus data tersebut. Virginia dan Colorado juga telah mengesahkan undang-undang privasi konsumen, yang mulai berlaku pada tahun 2023.


    Karena semakin banyak negara bagian yang mengadopsi undang-undang privasi — Massachusetts, New York, Minnesota, North Carolina, Ohio, dan Pennsylvania mungkin berikutnya, lebih banyak dari kita akan mendapatkan hak untuk meminta agar data kita dihapus. Beberapa perusahaan — termasuk Spotify, Uber, dan Twitter, memberi tahu kami bahwa mereka telah memenuhi permintaan dari orang-orang di luar California terkait penghapusan data.


    Namun bukan berarti selalu berjalan mulus. Data sangat berharga bagi perusahaan, dan beberapa tidak membuatnya mudah untuk dihapus, kata pendukung privasi. Formulir permintaan penghapusan data sering disimpan, prosesnya rumit, dan hambatan untuk memverifikasi identitas Anda memperlambat segalanya. Terkadang data pribadi terikat dalam persyaratan hukum yang membingungkan, sehingga perusahaan tidak dapat membuangnya. Di lain waktu, beban teknis dan personel dari permintaan data terlalu berat untuk ditangani oleh perusahaan.


    Menjalankan hak CCPA bisa menjadi perjuangan yang berat, Consumer Reports menemukan di penelitian tahun 2020 yang melibatkan lebih dari 400 konsumen California yang mengajukan permintaan “jangan jual data pribadi” ke pialang data terdaftar. Enam puluh dua persen dari waktu, peserta tidak tahu bagaimana cara mengirimkan permintaan atau tidak tahu apakah itu berhasil.


    Itu bukan pertanda baik untuk penghapusan data, Maureen Mahoney, seorang analis Consumer Reports, mengatakan. Orang harus memverifikasi identitas mereka sebelum perusahaan dapat menghapus data, yang menimbulkan hambatan ekstra.







    Tapi itu tidak berarti itu sia-sia. Banyak permintaan penghapusan data yang berhasil, menurut metrik perusahaan, dan segalanya menjadi lebih mudah jika Anda tahu di mana mencarinya. Sebagian besar perusahaan melakukan yang terbaik untuk mencari tahu bagaimana menangani undang-undang privasi tambal sulam dan masuknya permintaan hak data, kata Merrill.


    “Kami telah tumbuh jauh lebih cepat tahun ini daripada yang pernah kami bayangkan, dan sejak musim semi telah membangun tim untuk menangani skala baru komunitas pengguna kami dengan lebih baik,” kata juru bicara Clubhouse Reema Bahnasy, seraya menambahkan bahwa waktu respons CCPA rata-rata perusahaan saat ini adalah 10 hari.


    Jangan jual data saya! Kami akhirnya memiliki hukum untuk itu



    Data apa yang sebenarnya dapat Anda minta untuk dihapus ?



    Saat kami mengatakan "data Anda", yang kami maksud adalah informasi seperti nama, nomor telepon, email, dan alamat rumah Anda. Beberapa perusahaan mengumpulkan jauh lebih banyak, seperti usia, jenis kelamin, minat, lokasi waktu nyata, teman, dan perilaku Anda di aplikasi dan situs — dan kesimpulan tentang Anda berdasarkan hal-hal tersebut.


    Semua pembagian data ini mungkin terasa tidak berbahaya, tetapi ini menciptakan masalah ketika sebuah perusahaan diretas dan informasi Anda jatuh ke tangan yang salah, atau ketika perusahaan menggunakannya untuk memengaruhi pengeluaran Anda dan keputusan lain tanpa persetujuan Anda, kata pendukung privasi.


    Di bawah CCPA, bisnis seharusnya menyediakan setidaknya satu cara bagi konsumen untuk menghubungi dan meminta penghapusan data — yang mungkin berupa nomor telepon, formulir online, alamat email, atau formulir kertas. Perusahaan besar yang melayani lebih dari 10 juta konsumen California dalam setahun juga harus mengungkapkan dalam kebijakan privasi mereka berapa banyak permintaan untuk menghapus yang mereka terima selama tahun kalender sebelumnya dan berapa banyak yang mereka hormati.


    Kami memeriksa situs web dan kebijakan privasi dari 11 aplikasi populer untuk melihat betapa mudahnya mengirimkan permintaan penghapusan data, dan apakah perusahaan mengungkapkan jumlah permintaan yang mereka terima. Dari 11, hanya satu, Yelp, tidak memiliki cara yang jelas untuk mengajukan permintaan, dan perusahaan segera memperbaiki masalah setelah kami menunjukkannya.







    Ketika sampai pada pengungkapan penghapusan data, segalanya menjadi lebih rumit. Perusahaan di balik enam dari 11 aplikasi, termasuk Southwest Airlines dan Twitter, tidak membagikan berapa banyak permintaan yang mereka terima dan hormati. Twitter mengatakan pihaknya berencana untuk menambahkan informasi tersebut.


    "Informasi ini akan dimasukkan dalam pembaruan di masa mendatang dan akan memberikan jumlah permintaan yang kami terima secara global karena ini adalah alat yang kami sediakan untuk setiap orang yang menggunakan layanan kami," kata juru bicara Twitter Katie Rosborough.

    Jika 11 aplikasi kami merupakan indikasi, perusahaan melakukan pekerjaan dengan baik dengan menyediakan formulir atau alamat email tempat Anda dapat meminta penghapusan data. Menemukan formulir dan alamat tersebut tidak sepenuhnya intuitif, tetapi prosesnya cenderung terlihat serupa di seluruh situs web.


    Pertama, buka situs web perusahaan dan gulir ke bawah ke bagian paling bawah beranda. Mungkin akan ada tautan yang mengatakan sesuatu seperti “privasi”, “kebijakan privasi”, “CCPA”, atau “hak privasi California Anda”.


    Klik tautannya, dan Anda akan menemukan diri Anda di halaman yang didedikasikan untuk privasi atau CCPA. (Halaman CCPA sering muncul untuk semua pengunjung situs, karena membangun situs web yang berbeda untuk orang yang berbeda akan membutuhkan banyak pekerjaan ekstra untuk perusahaan.)


    Gulir hingga Anda menemukan referensi untuk penghapusan data, atau gunakan CTRL+F untuk mencari kata "hapus". Perusahaan mungkin akan mencantumkan alamat email untuk perlindungan data, privasi, atau departemen hukum — atau memberikan formulir yang dapat Anda isi secara online.


    Jika formulir tidak secara khusus mereferensikan penghapusan data, tidak apa-apa. Sertakan "permintaan penghapusan data" di tempat yang menonjol, seperti baris subjek, jika ada, dan beri tahu perusahaan bahwa Anda senang memverifikasi identitas Anda. Hayley Tsukayama, seorang aktivis legislatif di kelompok advokasi hak digital Electronic Frontier Foundation, juga menyarankan untuk merujuk hak CCPA Anda dalam permintaan tersebut.







    CCPA memberi perusahaan waktu 45 hari kalender untuk menanggapi permintaan penghapusan awal Anda. Perusahaan mungkin akan meminta Anda untuk mengirimkan informasi tambahan atau mengatur janji temu untuk memverifikasi identitas Anda — sehingga tidak ada yang bisa berpura-pura menjadi Anda dan mencuri atau menghapus data Anda. Untuk memverifikasi, Anda mungkin perlu mengonfirmasi nama pengguna dan kata sandi akun Anda, memberikan sepotong data seperti nomor telepon Anda untuk diperiksa silang oleh perusahaan, atau, jarang, menunjukkan tanda pengenal resmi Anda. Anda seharusnya tidak pernah diminta untuk membuat akun agar data Anda dihapus, menurut CCPA.


    Mengajukan permintaan penghapusan data tidak mudah, kata Merrill, jadi pastikan untuk menjaga nada bicara Anda tetap ramah dan tanggapi persyaratan verifikasi secepat mungkin.


    Pikirkan Anda anonim online? Sepertiga dari situs web populer adalah 'sidik jari' Anda.


    Bagaimana jika saya tidak tinggal di California ?



    Hanya penduduk California yang berhak atas penghapusan data berdasarkan CCPA. (Mengapa perusahaan memiliki hak atas data Anda dan Anda tidak pada hal lain. Dan ini dan yang lainnya).


    Tetapi beberapa perusahaan mengatakan mereka akan menghormati permintaan penghapusan di mana pun Anda tinggal. Spotify, Uber, dan Twitter mengatakan mereka memperlakukan permintaan penghapusan dari lokasi geografis mana pun dengan sama. Netflix, Microsoft, Starbucks, dan UPS juga mengatakan mereka akan memperpanjang hak CCPA untuk semua orang Amerika.


    Extending CCPA rights to all consumers is one way companies can practice “privacy by design,” Merrill said, adding that the security industry has set a good example by taking steps to protect consumers beyond what’s immediately necessary or legally required.


    Memperluas hak CCPA untuk semua konsumen adalah salah satu cara perusahaan dapat mempraktikkan "privasi berdasarkan desain," kata Merrill, menambahkan bahwa industri keamanan telah memberikan contoh yang baik dengan mengambil langkah-langkah untuk melindungi konsumen di luar apa yang segera diperlukan atau diwajibkan secara hukum.



    Apakah mengirimkan permintaan berarti data saya akan dihapus ?



    Tidak. Permintaan penghapusan tunduk pada beberapa pengecualian luas. Beberapa perusahaan — seperti layanan keuangan — harus berpegang pada data tertentu untuk kepatuhan dan pelaporan hukum. CCPA juga memungkinkan perusahaan untuk menyimpan data Anda jika mereka menggunakannya untuk keamanan, debugging, atau perlindungan penipuan, atau "untuk memungkinkan penggunaan internal semata-mata yang sesuai dengan harapan konsumen berdasarkan hubungan konsumen dengan bisnis." Bahasa yang licin mudah dieksploitasi, kata Mahoney dari Consumer Reports.







    Terkadang, perbedaan antara data yang memenuhi syarat untuk dihapus dan data yang tidak menjadi kabur. Eddie Lo, seorang pekerja teknologi di San Francisco, merasa frustrasi dan bingung, katanya, ketika hanya beberapa hari setelah melalui proses verifikasi identitas dengan aplikasi layanan keuangan Ellevest dan meminta perusahaan menghapus datanya, dia menerima apa yang tampak baginya menjadi email pemasaran yang memintanya untuk memperbarui datanya di file dengan perusahaan.


    Ternyata, mengirim email kepada orang-orang yang meminta datanya dihapus bisa menjadi hak dan tanggung jawab Ellevest sebagai perusahaan jasa keuangan.


    Direktur Pengalaman Klien Ellevest Patricia Selwood mengatakan bahwa email yang diterima Lo adalah "transaksional", bukan pemasaran, dan bahwa perusahaan bertindak sesuai dengan hukum.


    Lo mengatakan seluruh proses terasa seperti latihan yang sia-sia.


    Selain itu, CCPA tidak mewajibkan perusahaan untuk menghapus data pribadi yang telah dikumpulkan atau "di-deidentifikasi". Itu berarti jika mereka menggabungkan data Anda dengan data dari orang lain dengan cara yang mengaburkan data mana yang berasal dari siapa, mereka diizinkan untuk menyimpannya.


    Tetapi menurut Tsukayama dari EFF, data pribadi yang tidak teridentifikasi adalah sebuah oxymoron. Dia menunjuk pada penelitian, seperti ini dari para peneliti di Eropa – yang telah menemukan cara untuk mengidentifikasi kembali persentase besar individu dalam kumpulan data yang dianonimkan.


    Beberapa perusahaan yang sangat teduh menggunakan teknik desain yang disebut "pola gelap" untuk mencegah pelanggan mengakses dan menghapus data mereka, kata Tsukayama. Anda mungkin akrab dengan pola gelap dari pop-up di situs belanja yang mencoba mempersenjatai Anda untuk memberikan alamat email Anda, dengan opsi seperti, "Ya, saya ingin email," atau "Tidak, saya ingin tetap mengabaikan penjualan dan promosi penting.”


    Perusahaan lain mengabaikan permintaan, menyembunyikan formulir, atau memerlukan bukti identitas yang tidak masuk akal, satu perusahaan dalam studi penyisihan data Consumer Reports meminta peserta untuk menyerahkan pernyataan tertulis yang diaktakan, kata Mahoney.







    Jika menurut Anda sebuah perusahaan melalaikan tanggung jawab CCPA-nya, Anda dapat melaporkannya ke jaksa agung California di sini. Menandai perusahaan di media sosial adalah cara lain yang baik untuk menarik perhatian pada masalah, kata Mary Stone Ross, yang membantu penulis CCPA saat menjabat sebagai presiden kelompok advokasi California untuk Privasi Konsumen.


    "Saya semua untuk mempermalukan publik," katanya. “Twitter adalah tempat yang tepat untuk memanggil perusahaan-perusahaan ini.”


    Tidak ada jalan keluar dari Facebook, bahkan jika Anda tidak menggunakannya



    Tidak bisakah seseorang melakukan ini untukku ?



    Sebenarnya ya. CCPA mengizinkan agen resmi untuk mengajukan permintaan atas nama Anda — mereka hanya perlu membuktikan bahwa mereka memiliki izin Anda. Consumer Reports sedang mengerjakan alat yang dapat mengirimkan penolakan massal "jangan jual" atas nama penduduk California, kata Mahoney dan Yael Grauer, seorang reporter di publikasi tersebut. Jika Anda memiliki pemahaman teknis, alat sumber terbuka Bot Privasi dapat mengirim permintaan penghapusan data massal dari alamat email Anda.


    Beberapa browser dan ekstensi — termasuk Brave dan Duck Duck Go — menyertakan sinyal yang disebut Kontrol Privasi Global, yang mengirimkan preferensi "jangan jual" Anda langsung ke situs web yang Anda kunjungi. Perusahaan lamban untuk menghormati sinyal tersebut, kata Mahoney dan Grauer, tetapi kantor jaksa agung California menjelaskan dalam FAQ CCPA bahwa bisnis harus memperlakukan Kontrol Privasi Global sebagai permintaan penyisihan yang valid. Konon, banyak perusahaan masih memilih untuk mengabaikannya, menurut Stone Ross.



    Tunggu — ini semua tampaknya tidak efisien



    Oh, Begitu.


    Perusahaan yang Anda gunakan — dan bahkan yang belum pernah Anda dengar — menyedot data Anda sepanjang hari, kata pendukung privasi. Tidak mungkin mengirim permintaan penghapusan ke setiap perusahaan yang pernah mendapatkan nomor telepon Anda, misalnya, karena tidak ada cara untuk mengetahui siapa yang memilikinya.







    Pendekatan yang lebih efektif, kata pengacara privasi Merrill, mungkin berfokus pada memilih keluar dari penjualan data Anda. Anda dapat melakukannya dengan mengirimkan permintaan "jangan jual", biasanya di tempat yang sama dengan saat Anda mengajukan permintaan penghapusan, atau melalui tautan "jangan jual data pribadi saya" di situs web perusahaan. Ini adalah perbedaan antara menangani pengumpulan data di masa sekarang dan mengelolanya untuk masa depan, katanya, menggambarkan skenario hipotetis di mana sebuah perusahaan menghapus data Anda hanya untuk membeli semuanya lagi dari pihak ketiga.


    Perusahaan tidak berkewajiban untuk memenuhi permintaan ini dari orang-orang di luar California, tetapi banyak yang melakukannya, kata Grauer dari Consumer Reports. Jangan berbohong tentang di mana Anda tinggal, sarannya, tetapi silakan kosongkan bidangnya dan lihat apa yang terjadi.


    Pada akhirnya, pendekatan Anda terhadap penghapusan data akan bergantung pada kekhawatiran Anda, kata Grauer, apakah itu pencurian identitas, konten yang ditargetkan, penguntitan, pelanggaran keamanan, atau masalah lain yang menyertai berbagi data yang merajalela..


    Perlindungan yang lebih ketat bagi konsumen akan membuat semua ini tidak terlalu rumit, kata Mahoney dan Grauer. Tetapi pembuat kebijakan harus turun tangan.


    “Saya pikir ini adalah hari-hari awal, dan saya berharap proses meningkat dari waktu ke waktu dan akan ada lebih banyak solusi yang dikembangkan untuk memudahkan konsumen menggunakan hak mereka untuk menghapus,” kata Mahoney.


    It’s the middle of the night. Do you know who your iPhone is talking to?



    Introducing the Help Desk: Making tech work for you



    Help Desk is a new destination built for readers looking to better understand and take control of the technology used in everyday life. Meet the Help Desk team.


    The latest: Workers are putting on pants to return to the office only to be on Zoom all day.







    Data and Privacy: A guide to every privacy setting you should change now. We have gone through the settings for the most popular (and problematic) services to give you recommendations. Google | Amazon | Facebook | Venmo


    Ask a question: Send the Help Desk your personal technology questions.


    Read our answers: The Help Desk responded to a few technical dilemmas, like “Is my smart device listening to me?”