Sunday, 10 July 2022

Apa itu Metaverse, Tepatnya?

Apa itu Metaverse, Tepatnya?

Apa itu Metaverse, Tepatnya?

google.com, pub-0655609370809761, DIRECT, f08c47fec0942fa0




Apakah Anda pernah menemukan replika virtual Mark Zuckerberg yang menakutkan saat ia meluncurkan Facebook-rebranded-as-Meta (kami tidak akan terbiasa dengan nama ini dalam waktu dekat), konser langsung di alam semesta Fortnite yang imersif, atau galeri seni digital di Decentraland – tidak ada yang bisa lepas dari kata kunci favorit internet: “Metaverse.”






Tapi apa sebenarnya metaverse ini? Apakah ini alam semesta virtual dengan kemungkinan tak terbatas yang bisa kita masuki? Apakah masa depan internet dystopian yang dibangun di atas fiksi ilmiah spekulatif? Atau apakah itu hanya cara mewah untuk mengkategorikan realitas yang diperluas (XR) – istilah umum yang mencakup teknologi realitas tertambah, virtual, dan campuran?


Metaverse adalah iterasi hipotetis dari Internet sebagai dunia maya tunggal, universal dan mendalam yang difasilitasi oleh penggunaan realitas virtual dan headset augmented reality. Dalam penggunaan sehari-hari, metaverse adalah jaringan dunia virtual 3D yang berfokus pada koneksi sosial


Berbicara tentang metaverse terasa sangat mirip dengan berbicara tentang internet di tahun 70-an dan 80-an. Saat blok bangunan dari bentuk komunikasi baru sedang diletakkan, hal itu memicu spekulasi tentang seperti apa bentuknya dan bagaimana orang akan menggunakannya.




Semua orang membicarakannya tetapi hanya sedikit yang tahu apa artinya atau bagaimana cara kerjanya. Melihat ke belakang, ternyata tidak persis seperti yang dibayangkan beberapa orang.


Namun, dengan metaverse yang dipatok untuk menjadi pasar senilai $800 miliar pada tahun 2024, dan dengan raksasa teknologi seperti Facebook, eh, Meta, Microsoft, Apple, dan Google menginvestasikan banyak uang untuk mewujudkannya, inilah saatnya untuk mencari tahu apa yang samar dan kompleks arti istilah ini.



Neal Stephenson Menciptakan 'Metaverse' pada tahun 1992. Sekarang Dia Membangun Satu



Pada tahun 1992, penulis fiksi ilmiah Neal Stephenson menciptakan istilah "metaverse" dalam novel hitnya "Snow Crash." Sekarang, 30 tahun kemudian, dia bekerja sama dengan OG kripto lainnya, Peter Vessenes, untuk mewujudkan visinya.


Neal Stephenson berbicara di SXSW 2022. (Amy E. Price/Getty Images for SXSW)


Duo ini mengumumkan pada hari Rabu bahwa mereka membuat blockchain mereka sendiri yang berfokus pada metaverse yang disebut Lamina1. Vessenes akan menjadi CEO proyek sementara Stephenson akan menjabat sebagai ketua.


Seperti visi metaverse yang dipopulerkan pada musim panas 2021, sebelum banyak dunia korporat mulai mengkooptasi istilah tersebut, Lamina1 akan dipusatkan pada metaverse terbuka dengan fokus pada integrasi virtual dan augmented reality.


“Perubahan nama Facebook adalah tonggak besar bagi metaverse, meskipun idenya telah dibangun beberapa waktu sebelumnya,” kata Stephenson kepada CoinDesk dalam sebuah wawancara, menambahkan:


“Sementara perusahaan besar seperti Microsoft [MSFT] tertarik, yang juga terjadi adalah banyak pemain kecil juga tertarik. Ada banyak orang yang ingin masuk ke metaverse dan membangun impian mereka, membangun ide-ide mereka, mewujudkan gagasan kreatif mereka atau ambisi komersial mereka.”


Testnet dan betanet Lamina1 dijadwalkan akan diluncurkan akhir tahun ini, dengan tujuan akhir untuk menciptakan metaverse 3D imersif yang terinspirasi oleh novel itu sendiri.


Dalam sebuah wawancara, Stephenson mengatakan kepada Vanity Fair bahwa dia hanya "mengada-ada." Tapi Metaverse bukan satu-satunya elemen Snow Crash yang membuatnya mendapatkan reputasi sebagai Nostradamus teknologi. Dia dikreditkan dengan memprediksi segala sesuatu mulai dari kecanduan kita pada teknologi portabel hingga digitalisasi, yah, semuanya, dan Anda dapat berterima kasih padanya, bukan James Cameron, karena membawa konsep Hindu "avatar" ke dalam bahasa sehari-hari.


Perancang Google Earth Avi Bar-Zeev mengatakan dia terinspirasi oleh ide Stephenson, dan bahkan mencoba membuat penulis mengunjungi kantornya ketika dia sedang mengerjakan Keyhole, sebuah rangkaian aplikasi yang kemudian berfungsi sebagai dasar untuk teknologi pemetaan Google.


“Dia tidak tertarik mengunjungi Keyhole, atau tidak punya waktu. Dugaan terbaik saya adalah bahwa dia agak bosan mendengar kami para ahli teknik mengoceh tentang Snow Crash sebagai visi besar untuk masa depan. Itu mungkin ada hubungannya dengan keberadaan Snow Crash menjadi visi Dystopian.


Dystopian atau tidak, visi Stephenson tentang masa depan hampir tiba, dan setidaknya satu perusahaan teknologi virtual-reality start-up Magic Leap, telah mengambil Stephenson dalam kapasitas resmi—ia menjadi Chief Futurist pada tahun 2014. Di sini, dengan keuntungan dari 25 tahun melihat ke belakang, Stephenson berbicara dengan Hive tentang perbedaan antara augmented reality dan virtual reality, cara membuat Metaverse yang meyakinkan, dan mengapa media sosial memisahkan kita.


Fiksi dystopian menawarkan visi masa depan. Distopia adalah masyarakat dalam kemerosotan dahsyat, dengan karakter yang berjuang melawan kerusakan lingkungan, kontrol teknologi, dan penindasan pemerintah. Novel dystopian dapat menantang pembaca untuk berpikir secara berbeda tentang iklim sosial dan politik saat ini, dan dalam beberapa kasus bahkan dapat menginspirasi tindakan.


No comments:

Post a Comment